Sumbawa Segera Punya Kebun Binatang, Gubernur Siap Sumbang Gajah

oleh -855 views
bankntb

SUMBAWA BESAR,samawarea.com (31/10/2020)

Saat ini hanya Kabupaten Lombok Utara di Provinsi NTB yang memiliki kebun binatang. Kebun binatang mini ini berada tepat di Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Namun Tahun 2021 mendatang, NTB akan memiliki dua kebun binatang, karena Kabupaten Sumbawa akan mengikuti jejak Lombok Utara. Rencana kebun binatang di Tana Intan Bulaeng yang diberi nama “Sumbawa Zoo” ini terungkap dalam pertemuan terbatas alumni SMP Al-Ma’arif Sumbawa Angkatan 1987/1988 di kediaman Semba Badib, Desa Labuan Sumbawa, Sabtu malam, 31 Oktober 2020. Hadir dalam kesempatan itu Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah SE., M.Sc dan beberapa wartawan media online dan televisi. “Sumbawa harus punya kebun binatang,” ungkap Gubernur yang akrab disapa Bang Zul ini.

amdal

Ungkapan spontan Gubernur disambut antusias para alumni, sehingga terjadi pembicaraan yang cukup serius. Menurut Bang Zul, dibangunnya kebun binatang ini karena masyarakat membutuhkan hiburan baru, setelah cukup lama menikmati wisata pantai dan gunung. “Kita perlu menyuguhkan hal-hal yang baru untuk mendukung geliatnya pariwisata di daerah,” kata Bang Zul.

Ia mengambil contoh kebun binatang di Lombok Utara yang dibangun secara pribadi oleh seorang pengusaha. Hampir setiap hari banyak pengunjung yang datang. Untuk membangun kebun binatang itu, pengusaha tersebut tidak membutuhkan lahan yang cukup besar. Luasnya hanya 2 hektar untuk membangun kebun binatang mini. Karenanya Bang Zul berharap Sumbawa segera memiliki kebun binatang.

Baca Juga  Mahasiswa UTS dan TNI di TMMD Bersinergi Tingkatkan Kualitas Hidup Warga KSB

Di tempat itu, Bang Zul langsung menunjuk Ir. Anis Suweleh sebagai Direktur Sumbawa Zoo untuk merealisasikan rencana tersebut. Bahkan dalam mendukung terwujudnya kebun binatang di Kabupaten Sumbawa, orang nomor satu di NTB ini akan menyumbangkan seekor gajah. Selain itu akan membantu biaya operasional yang bersifat stimulan. “Jika ini diseriusi, silakan nanti studi banding ke Kebun Binatang di Lombok Utara. Nanti teman-teman wartawan bisa ikut,” pesan Bang Zul, seraya memberi target, Sumbawa Zoo sudah bisa diresmikan Mei 2021 mendatang.

Ir. Anis Suweleh menyambut positif rencana Gubernur. Untuk menyikapi rencana ini, pihaknya akan mencari lokasi yang cocok. Disebutkannya, ada dua lokasi yang akan diplot untuk kebun binatang ini. Yaitu di Desa Boak dan Dusun Perung Desa Kerekeh Kecamatan Unter Iwis. Dua lokasi ini dinilai sangat strategis dan dekat dengan perkotaan. “Segera kami cek lokasi untuk memilih satu di antara dua lokasi ini,” imbuhnya.

Sementara Moeis Damhudji—Pengelola Wisata Lembah Perung, mendukung rencana adanya kebun binatang di Kabupaten Sumbawa. Bahkan Ia siap menyiapkan lahan jika Perung diplot sebagai lokasi kebun binatang. “Kami punya lahan sekitar 70 hektar, lokasinya sangat mendukung, karena di tempat itu juga sudah ada wisata alamnya berupa persawahan, lokasi paralayang, danau dan kolam ikan. Ini menjadi sangat lengkap apabila ada kebun binatangnya. Intinya kami siap berkolaborasi,” tandasnya. (SR)

iklan bapenda