Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini

oleh -76 views
bankntb

Oleh: Ernawati (Mahasiswa Program Studi S1 PGPAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Terbuka UPBJJ Mataram)

OPINI PENDIDIKAN, 30 Oktober 2020 

Perkembangan teknologi saat ini sangatlah maju. Dengan demikian teknologi juga sangat mempengaruhi perkembangan anak usia dini, karena teknologi adalah salah satu yang disebut juga sebagai alat/media pembelajaran yang sangat efektif. Jadi tidaklah heran di zaman sekarang ini kita melihat banyak sekali anak-anak usia dini yang memegang “Gedget” dan sebagainya. Maka dari itu gejed juga memiliki nilai dan manfaat tersendiri bagi kalangan masyarakat itu sendiri. Terdapat nilai-nilai dalam menggunakan gejed yaitu nilai positif dan negatifnya.

Tidak dapat kita pungkiri bahwa sekarang teknologi berkembang kian pesatnya, hal ini juga sangat memudahkan manusia baik itu dalam berkomunikasi dan lain sebagainya, salah satunya HP. HP memiliki banyak manfaat seperti salah satunya untuk menanyakan kabar, memberikan informasi dengan orang yang berada di luar kota misalnya, hanya dengan telfon saja kita sudah tahu kabar seseorang itu seperti apa tanpa kita harus menjenguk ke rumahnya langsung.

Gadget adalah sebuah perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis dan mudah terjangkau. Dalam perkembangan teknologi jelas sangat mempengaruhi anak. Karena teknologoi merupakan media pembelajaran yang sangat efektif. Dengan kemajuan teknologi juga dapat membantu daya kreatifitas anak, jika manfaatnya diimbangi dengan interaksi dengan lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Dengan selalu membebaskan anak dibawah umur menggunakan teknologi yang terlalu canggih salah satunya gadget. Untuk itu peran orang tua sangatlah penting dalam perkembangan anak-anaknya.

Gedjet semakin hari semakin canggih dan secara tidak sadar gedjet juga membuat ketergantungan bagi anak-anak usia dini. Seperti halnya mereka mengonsumsi makanan kesukaanya mereka seperti itu pula dengan gedjet sudah tidak terlepas dari ingatanya dan malah mereka dibuat ketagihan oleh gedjet tersebut. Gedjet ini juga memiliki dampak positif dan negtaif  bagi perkembangan anak usia dini diama yang menjadi dampak positifnya disini yaitu menambah pengetahuan, melatih kreatifitas anak-anak, mempermudahkan dalam berkomunikasi dan bisa mendapat teman baru juga baik itu di luar lingkungan temapt tinggal dan sebagainya.

Baca Juga  Bina Siswa, SMA Islam dan SMK Islam Farmasi Libatkan TNI

Dampak negatifnya di sini yaitu, pertama, dapat mengganggu perkembangan anak, maksudnya disini yaitu dimana anak usia dini dalam menggunakan gedjet itu perlu pengawasan dari orang tua agar anak tersebut tidak sering-sering memegang gedjet. Kedua, dapat mengganggu kesehatan, hal ini sangatlah memprihatinkan bagi perkembangan seorang anak usia dini yang menggunakan gedjet dimana kurangnya mereka istrahat dan bisa terkena efek radiasi dari teknologi tersebut itu sangat berbahaya sekali bagi anak-anak usia dini dan efek dari radiasi yang berlebihan bisa menyebabkan kanker.

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan hidup manusia. Sedangkan gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa inggris yang artinya elektronik yang memiliki fungsi khusus. Teknologi sangat jelas dapat mempengaruhi perkembangan anak usia dini. Karena sebuah perangkat teknologi merupakan media pembelajaran yang sangat efektif. Dengan adanya terampil gambar yang bisa bergerak, efek suara, atau nyanyian membuat media pembelajaran dengan memanfaatkan perangkat teknologi sangat disukai oleh anak-anak jaman sekarang.Pexels/freestocks.org

Dr. Rawat Sichangsirikarn, seorang professor di bidang Pediatrik di Bangkok, mengatakan bahwa handphone telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Pendapat diatas memang sangat benar karena kita mendapat berbagai manfaat dari penggunaan gadget. Tetapi bak pisau bermata dua, gadget juga dapat membahayakan penggunanya jika dipakai berlebihan. Masalah serius lainnya datang ketika orang tua merasa wajar dan normal memberikan gadget pada anak tetapi tidak mengatur batas penggunaan harian. Sinar radiasi dari handphone dapat berpengaruh pada kesehatan si kecil, baik fisik maupun mental. Tayangan yang tidak dikontrol melalui kids mode pun dapat salah dicerna oleh anak-anak. Penelitian di Bristol University tahun 2010 ungkapkan, bahaya penggunaan gadget pada anak dapat meningkatkan gangguan kecemasan, kurang atensi, risiko depresi, autisme, psikosis, kelainan bipolar dan perilaku bermasalah lainnya.

Baca Juga  Siapkan Calon Kepala Sekolah Digelar Diklat In Service Learning 1

Menggunakan gadget terlalu lama dapat memengaruhi kesehatan fisik, mental, dan emosional anak. Menonton layar pada handphone secara terus menerus dan lupa waktu akan meningkatkan risiko mata lelah dan miopi. Anak yang kecanduan gadget pun akan sulit tidur dan susah fokus. Selain itu mereka juga biasanya memiliki masalah mental seperti mudah depresi dan sulit bersosialisasi. Masalah mental lainnya yang mungkin timbul antara lain kecemasan, kesepian, rasa bersalah, isolasi diri, perubahan suasana hati, dan agitasi. Penggunaan gadget berlebih juga berisiko meningkatkan peluang kejadian ADHD dan autisme pada anak-anak. Tidak sedikit anak yang menjadi agresif dan mudah marah jika orantua tidak membolehkannya untuk bermain gadget. Hal ini bisa menghambat tumbuh kembangnya dalam hal menahan diri, berpikir, dan mengendalikan emosi.  Pada era modern seperti sekarang rasanya tidak mungkin jika tidak memberi akses gadget sama sekali pada anak. Karena nyatanya gadget juga memiliki manfaat sebagai jembatan ilmu pengetahuan.

Memang sangat berat untuk membesarkan anak tanpa gadget di masa seperti sekarang ini. Meski demikian mengakses gadget tidak ada salahnya asalkan terbatas dan dalam pengawasan orang tua. Jangan sampai kecanduan gadget menyebabkan kedekatan emosional anak dengan orangtua dan keluarga menjadi terganggu. Jadi diharapkan bagi orang tua yang memiliki anak usia dini, jangan terlalu membebaskan mereka dalam menggunakan gedjet, kontrol mereka dan berikan pemahaman tentang bahaya dalam menggunakan gedjet berlebihan dan dampaknya seperti apa. (*)

iklan bapenda