MY Institute Oktober 2020: Mo-Novi Masih Teratas, Nursalam Terbawah, Talif Sudir, Jarot Mokhlis dan Husni Ikhsan Bersaing Ketat

oleh -578 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (29/10/2020)

Berbagai tahapan dalam Pilkada di Kabupaten Sumbawa sudah dilaksanakan. Dari pendaftaran calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sumbawa hingga kampanye yang telah berjalan hingga nantinya masuk minggu tenang. Sebagian wilayah di tiap kecamatan hingga desa telah digempur oleh seluruh pasangan calon (Paslon). Tidak sedikit di antara paslon yang membawa narasi sejuk, ada juga yang tegas dalam memandang persoalan di Kabupaten Sumbawa, sebagai salah satu style paslon untuk “mempromosikan” diri mereka di tengah masyarakat. Dari berbagai dinamika di tengah masyarakat itulah lembaga Penelitian dan Survei MY Institute melakukan survei kembali yang sebelumnya dilakukan pada Agustus 2020 lalu. Survei yang dilakukan sejak tanggal 14-25 Oktober 2020 ini dilakukan untuk melihat elektabilitas Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sumbawa sebelum pendaftaran, setelah pendaftaran dan satu bulan kurang lebih Paslon melakukan kampanye resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

amdal

Peneliti MY Institute, Yadi Satriadi kepada samawarea.com, Kamis (29/10), menyebutkan survei MY Institute ini menggunakan metode multistage random sampling, tingkat kepercayaan 95% dengan margin of error 2,6%. Adapun populasi dari survei ini didasarkan pada persebaran pemilih di tingkat Kecamatan hingga Desa sehingga didapatkan sampel sejumlah 1200 responden.

Hasil dari survei ini didapatkan bahwa pasangan calon bupati dan wakil bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah bersama Dewi Noviany (Mo-Novy) memiliki elektabiltas tertinggi yaitu sebesar 27,5%, disusul pasangan calon Independen Ir. Talifudin bersama Sudirman S.IP (Talif-Sudir) dengan elektabilitas 22,8%. Kemudian pasangan calon H. Syarafuddin Jarot MP–Ir. H. Mokhlis M.Si (Jarot-Mokhlis) 16,3%, HM. Husni Djibril, B.Sc bersama Dr. HM. Ikhsan Madjid (Husni-Ikhsan) 14,2% dan 8,8% untuk pasangan calon Nurdin Ranggabarani, SH., MH bersama Burhanudin Jafar Salam (NurSalam).

Baca Juga  Poros Pembaharuan ‘Sapu Bersih’ Alat Kelengkapan DPRD Sumbawa

Sementara itu masih terdapat masyarakat yang belum menentukan pilihan atau tidak menjawab sebesar 10,4%. Dari survei-survei yang sudah dilakukan oleh MY Institute beberapa bulan lalu, trend Mo Novy masih selalu di atas, disusul Talif Sudir dan untuk perolehan ketiga hingga kelima selalu berubah-ubah posisinya. (SR)

iklan bapenda