Beberkan 6 Persoalan, Debat Paslon di Sumbawa Berlangsung Seru

oleh -265 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (28/10/2020)

Debat Publik Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa putaran pertama berlangsung seru. Bertempat di Hotel Sernu Raya, Rabu (28/10/2020) debat tersebut menghadirkan semua pasangan calon didampingi tim sukses masing-masing. Semua calon dari nomor urut 1 sampai 5, dengan lantang menyampaikan visi misi dan ceras dalam menjawab pertanyaan panelis. Meski sempat terjadi adu argumentasi melalui tanya jawab antar paslon, namun berakhir dengan damai dan penuh sukacita.

Ketua KPU Sumbawa, M. Wildan, S.Ag yang ditemui mengungkapkan, tema debat putaran pertama meliputi korupsi dan narkoba, sumber daya alam dan lingkungan hidup, kesehatan dan ketenagakerjaan serta pendidikan dan sosial kebudayaan. Debat dibagi dalam tiga sesi. Sesi pertama, pembukaan dengan pemaparan visi-misi dan program masing-masing paslon. Dimulai dari paslon nomor urut 1 hingga paslon nomor urut 5. Masing-masing paslon hanya diberi waktu selama 3 menit. Kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua, ketiga dan keempat yakni pendalaman visi-misi dan program oleh moderator, Lahmuddin Zuhri SH M.Hum—dosen Fakultas Hukum Univertas Samawa (UNSA). Pada sesi ini, paslon menjawab pertanyaan yang disediakan panelis yang telah disesuaikan dengan tema debat. Pada sesi lanjutan yakni segment tanya jawab dan sanggahan antar pasangan calon. Tiap paslon diberi kesempatan bertanya kepada paslon lain selama 1 menit. Sementara paslon yang dituju diberi kesempatan menjawab dengan waktu masing-masing 2 menit, sedangkan menanggapi dan menyanggah selama 1,5 menit. Segment terakhir adalah pernyataan penutup. Masing-masing paslon hanya diberi waktu 2 menit. “Ada 6 segment, pertama penyampaian visi misi, segment kedua, ketiga dan keempat sama, pendalaman visi misi. Segment kelima tanya jawab, tanggapan dan sanggahan dan segment keenam closing statement,” beber Wildan.

Baca Juga  Gerindra NTB: Hanya Jarot—Mokhlis yang Bisa Memajukan Sumbawa

Dalam mendukung suksesnya Debat itu, KPU mendatangkan panelis dari luar daerah. Dengan latar belakang akademisi dari sejumlah perguruan tinggi. Mulai dari Universitas Mataram, Universitas Muhammadiyah Mataram hingga Universitas Diponegoro Semarang. Ada 5 panelis semuanya akademisi. Mengingat pelaksanaannya dalam situasi pandemi covid-19, debat dipublikasikan melalui lave streaming. Di samping itu, KPU juga menggandeng TVRI NTB dan sejumlah media radio lokal di Sumbawa. “Yang memungkinkan sesuai anggaran kami, TVRI NTB dan seluruh radio di Sumbawa,” terangnya.

Menurutnya, debat akan digelar dua putaran. Sesuai jadwal, putaran kedua akan digelar pada tanggal 18 November 2020 mendatang. Wildan berharap, dengan adanya debat, para pemilih dapat memahami visi dan misi paslon sebagai referensi dalam menentukan pemimpin Sumbawa ke depan. (ADV Big)

iklan bapenda