Sempat Deviasi 6%, Kini Progress Fisik Jalan SP1—Labangka 35 Persen

oleh -85 views
Kabid Bina Marga Ikhsan Imanuddin, ST MT

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS PUPR KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (26/10/2020)

Sempat terjadi deviasi, kini progress fisik proyek Pembangunan Jalan Desa Strategis SP1—Labangka III, Kecamatan Labangka Kabupaten Sumbawa, kini sudah tertangani. Sebelumnya hampir 2 bulan sejak dikerjakan mulai 19 Agustus 2020 lalu, progress fisiknya baru mencapai 2,36 persen. Seharusnya saat itu sudah mencapai 8 persen, sehingga terjadi deviasi sekitar 6 persen. “Alhamdulillaah keterlambatan itu sekarang sudah terkejar,” kata Kadis PUPR Sumbawa melalui Kabid Bina Marga, Ikhsan Imanuddin ST yang dihubungi samawarea.com, Selasa (27/10/2020).

Hasil pengecekan lapangan, ungkap Ikhsan—akrab pejabat ini disapa, fisiknya sudah mencapai 35 persen dan terbilang on progress. Kontraktor pelaksana dari PT Nindia Tobang Artha terus memacu kinerjanya dengan menambah tukang dan alat berat. “Alat berat dan material yang disuplay dari berbagai tempat sudah ready. Jadi tidak ada lagi kendala, termasuk tenaga kerjanya terus ditambah sesuai dengan kondisi pekerjaan,” ujarnya.

Iksahn mengakui terjadinya deviasi sebelumnya karena konsultan perencana belum merekap data terbaru. Pasca bersama-sama turun ke lapangan dan mengidentifikasi persoalan, kontraktor menggenjot pekerjaannya. Sekarang LPA sudah hampir rampung, dilakukan pemadatan, setelah itu pengaspalan. “Tidak ada kendala di lapangan, semua on progress. Insyaa Allah proyek ini bisa diselesaikan sebelum berakhirnya kontrak tanggal 17 Desember mendatang,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Pembangunan Jalan Desa Strategis SP1—Labangka III dibiayai DAK Afirmasi sebesar Rp 7,95 miliar. Dari semua proyek jalan yang dibiayai DAK, hanya jalan ini yang tidak dipending untuk direalisasikan pada Tahun 2020 ini. Sementara sejumlah proyek jalan lainnya yang dibiayai DAK, dipending dan kembali diusulkan untuk tahun berikutnya. Seperti Jalan Dusun Talwa Desa Leseng Moyo Hulu, Jalan Pasar Baru Utan, Jalan Batu Dulang—Tepal, Jalan Malili—Lengas, Jalan SJP-Perung, Jalan Hijrah—Labuan Kuris dan Jalan Lantung Sepukur—Ropang. (SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Berbagi Kebahagiaan di Momen HUT RI, Polres Sumbawa Salurkan Sembako