Pemprov NTB Dukung Pemda Sumbawa Tata Saliper Ate

oleh -108 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (26/10/2020)

Pemprov NTB melalui Dinas Pariwisatanya mendukung penataan potensi pariwisata di Kabupaten Sumbawa. Salah satunya mengembangkan destinasi wisata Pantai Saliper Ate, Kecamatan Badas. Ini dibuktikan dengan digelarnya Ground Breaking Penataan Destinasi Wisata Saliperate, Senin (26/10/2020) sore. Hadir mewakili Gubernur NTB, Kadis Pariwisata NTB, HL Mochammad Faozal, Asisten 1 Sekda Sumbawa, Ir. H. Zulkifli, Kadis Pariwisata Sumbawa, Anggota Forkopimda, pimpinan OPD dan BUMN/BUMD.

amdal

Dalam sambutannya, Pjs Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten I, mengatakan, bahwa saat ini Pemda Sumbawa tengah mengembangkan Pantai Wisata Saliper Ate menggunakan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 2,6 miliar. Pengerjaannya sedang berproses. Dalam mengembangkan destinasi wisata tersebut, Pemprov memberikan dukungan ikut membangun Saliper Ate dengan mengalokasikan dana Rp 400 juta. Semua sarana ditata, dan wajah saliperate dirubah menjadi lebih menarik. Ia berharap keberadaan Saliper Ate ke depan menjadi destinasi unggulan yang harus terus dirawat dan ditingkatkan nilainya. Bisa jadi nantinya keberadaan Saliper Ate ini sebagai pendukung event MotoGP Mandalika.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan terima kasih kepada Pemprov NTB yang ikut mendukung pengembangan destinasi pariwisata di Kabupaten Sumbawa. Ia berharap sinergi kabupaten dan propinsi tetap berlanjut dan ditingkatkan di masa mendatang.

Sementara Kadis Pariwisata NTB, HL Moch. Faozal mengatakan, pihaknya mendapat tugas dari Gubernur untuk mendukung Pemda Sumbawa menata Saliper Ate. Karena itu Pemprov mengalokasikan dana sekitar Rp 400 juta. Tahun mendatang, anggaran lanjutan akan dialokasikan untuk pembuatan pagar depan agar lebih cantik dan menarik. Untuk diketahui, di Saliperate dibangun Panggung Kesenian, Lampu Taman Shelter, Pedestri dan Gazebo. Selain Dive Center, Pusat Kuliner, dan Kios Cendramata. Tak hanya itu dibangun pagar pembatas dan tempat parkir yang luar sehingga kendaraan tidak lagi masuk hingga ke area pusat destinasi. Dengan penataan ini, Ia yakin Saliper Ate akan menjadi ikon andalan destinasi pariwisata di NTB khususnya di Kabupaten Sumbawa. “Penataan Saliperate adalah kerja bareng. Jika sudah tertata, mari kita nikmati dan rawat bersama-sama,” pungkasnya. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  UNRAM dan Staf Kepresidenan Gelar Studium Generalle "Tiga Tahun Jokowi"