21 Pelanggar Terjaring Operasi Zebra Rinjani di Hari Pertama

oleh -35 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (26/10/2020)

Sebanyak 21 pelanggar terjaring dalam Operasi Zebra yang digelar Satuan Lalu Lintas Polres Sumbawa di hari pertama, Senin (26/10/2020). Para pelanggar ini didominasi pengendara yang tidak memakai helm, sisanya tidak mengenakan safety belt, kelengkapan teknis kendaraan, dan mobil pick up yang mengangkut orang. Selain itu polisi juga menjaring orang yang melanggar protocol kesehatan dan langsung diberikan sanksi push-up.

amdal

Kasatlantas Polres Sumbawa, IPTU Samsul Hilal SH, menyebutkan salah satu tujuan operasi tersebut untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalulintas. Operasi Zebra yang akan digelar selama dua minggu kedepan, juga dimaksudkan untuk mengatasi kemacetan, di samping kesadaran masyarakat untuk tetap mempedomani protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 secara preventif, dan persuasif, dan humanis. “Dari operasi ini diharapkan akan tercipta situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas (Kamseltibcarlantas) yang aman dan nyaman,” terang Hilal.

Ada 8 target yang menjadi prioritas dalam operasi ini. Pertama pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI), pengemudi roda empat yang melebihi batas maksimal kecepatan dan mabuk pada saat mengemudikan kendaraan bermotor. Adapun target prioritas pengemudi roda empat yang tidak menggunakan safety belt (sabuk keselamatan), kendaraan roda empat yang tidak sesuai penggunaannya seperti mobil pick up yang mengangkut penumpang, dan pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur. Menggunakan HP saat berkendara, serta sepeda motor yang tidak sesuai spesifikasi menggunakan knalpot bising. “Kami mengimbau masyarakat agar melengkapi surat kendaraannya saat mengemudi, mulai SIM dan STNK untuk kendaraan bermotor. Lalu bagi pengendara sepeda motor juga wajib menggunakan Helm SNI dan pengemudi mobil wajib menggunakan safety belt atau sabuk keselamatan, serta disiplin menerapkan protokol kesehatan,” terang Samsul Hilal.

Baca Juga  Dijemput Orang Tak Dikenal, Siswi SMKN 2 Sumbawa Hilang

Untuk diketahui, Operasi Zebra Rinjani 2020 Satlantas Polres Sumbawa melibatkan sekitar 60 personil dari berbagai satuan/fungsi Polres, yang diback-up Satuan Brimob, POM, dan Dishub. Operasi ini juga dimanfaatkan untuk membagikan masker kepada para pengguna jalan. (SR)

iklan bapenda