7 Kali Sidang Disiplin, Akhirnya Brigadir AY Dipecat  

oleh -338 views
bankntb

DOMPU, samawarea.com (24/10/2020)

Brigadir AY (38) kini tak lagi menyandang status sebagai anggota Polri. Pasalnya anggota yang bertugas di Polres Dompu tersebut resmi dipecat. Pemecatan ini dilakukan melalui Upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) yang dipimpin Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH SIK, di Halaman Apel Mapolres Dompu, Sabtu (24/10) pagi. AY diberhentikan dari dinas kepolisian karena melanggar pasal 13 Peraturan Pemerintah No. 2 Tahun 2003 tentang Disiplin Anggota Polri. Selama menjadi anggota Polri AY sudah menjalani 7 kali sidang disiplin. Pada upacara PTDH ini AY tidak hadir atau dilaksanakan secara in absensia.

Dalam amanatnya Kapolres Dompu sangat menyayangkan terjadinya pemberhentian tidak dengan hormat seperti ini. “Saya sangat menyayangkan hal seperti ini (PTDH), ini adalah moment yang tidak diharapkan. Semoga momen ini bermakna dan kita petik pembelajaran berharga demi kelangsungan roda organisasi Polres Dompu yang kita cintai bersama,” ucapnya.

Upacara penanggalan atribut Polri ini menurut Kapolres, adalah hal biasa di lingkungan Polri sehubungan masih banyaknya oknum Polri yang indisipliner bahkan melakukan tindak pidana. “Dengan berbagai pertimbangan, maka dilakukan sidang kode etik sehingga terbitlah Surat PTDH, hal ini sudah melalui mekanisme dan sebelumnya sudah dilakukan pembinaan akan tetapi dengan berat hati kami lakukan pilihan terakhir karena ini merupakan buah dari perbuatannya selama ini,” ungkap Kapolres.

Baca Juga  IGD Kembali Dibongkar, Manajemen RSUD Temui Kapolres

Ia berharap ini yang terakhir. Tidak ada lagi tindakan yang menodai institusi. Karena itu tidak ada yang berbuat senonoh dan menyakiti hati masyarakat serta yang dapat menurunkan harkat dan martabat anggota Polri. “Kedepannya, saya harap tidak ada lagi anggota Polres Dompu yang melanggar disiplin apalagi melakukan tindak pidana. Bagi anggota Polri yang melakukan tindak pidana sanksi terberat bukan hanya PTDH namun juga akan menjalani proses secara hukum pidana umum,” katanya mengingatkan.

Bagi anggota yang berkelakuan baik, Kapolres mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan loyalitasnya pada kepolisian. Ia berpesan untuk mencintai uniform yang melekat pada dirinya. “Cintai profesi anda, anda harus memiliki kebanggaan menjadi anggota Polri,” cetusnya.

Sejak pertamakali menjabat sebagai Kapolres Dompu, Ia sudah kerapkali menekankan kepada seluruh personel, untuk melaksanakan tugas dengan baik dan tidak melakukan pelanggaran.

Upacara yang diikuti PJU dan personel Polres Dompu juga dirangkaikan dengan pengumuman dan pemberian hadiah dan bendera hasil lomba Standar Protokol kesehatan covid19 di lingkungan kerja jajaran Polres Dompu. “Di masa pandemi ini kita berperan penting dalam meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran covid19. Maka dengan adanya lomba seperti ini merupakan salah satu upaya nyata dari kepolisian,”  tutup Kapolres.

Adapun hasil lomba tersebut, Polsek Pekat masih mempertahankan predikatnya sebagai juara, disusul Polsek Dompu juara kedua dan Polsek Pajo ketiga. (SR)

iklan bapenda