PUPR Sumbawa Berhasil Tuntaskan Normalisasi 20 Sungai

oleh -91 views
Sungai di Sumbawa saat belum dinormalisasi
bankntb

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS PUPR KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (21/10/2020)

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sumbawa telah menuntaskan proyek normalisasi sungai yang terbesar di 20 titik wilayah Kabupaten Sumbawa. Proyek normalisasi sungai ini menggunakan anggaran APBD Sumbawa Tahun 2020.

Kadis PUPR Sumbawa yang dikonfirmasi melalui Kabid Jakon yang juga PPK SDA, Seri Jayadi ST, belum lama ini, mengakui jika proyek normalisasi sungai di wilayah Kabupaten Sumbawa sudah tuntas 100 persen. Normalisasi sungai ini menelan anggaran APBD sebesar Rp 2,4 miliar. Proyek ini tidak terkena dampak pandemic covid sebagai program-program lainnya yang hasil rasionalisasi terpaksa dipending.

Proyek ini juga sebagai tindaklanjut atau realisasi hasil Musrenbang dan penyerapan aspirasi masyarakat melalui kegiatan Reses Anggota DPRD Sumbawa. Banyaknya aspirasi masyarakat untuk kegiatan ini karena sudah banyak sungai di wilayah Sumbawa yang mengalami penyempitan dan pendangkalan. Hal ini menjadi salah satu penyebab meluapnya air banjir ke pemukiman warga. Karena itu untuk meminimalisir dampak dari bencana tersebut, sangat mendesak untuk dilakukan normalisasi sungai guna mengembalikan bentuk sungai sesuai dengan peruntukannya.

Berdasarkan daftar kegiatan Dinas PUPR Sumbawa, ungkap Seri Jayadi, tercatat 20 titik sungai yang dinormalisasikan. Adalah Sungai Dusun Gapit Desa Gapit Kecamatan Empang, Sungai Brang Putat Dusun Lenangguar, Desa dan Kecamatan Lenangguar, dan Sungai Desa Bantu Lanteh Kecamatan Tarano. Kemudian, Sungai Desa Langam Kecamatan Lopok, Sungai Moyo Hilir RW 001 Desa Moyo Mekar Kecamatan Moyo Hilir, Sungai Tiu Kopang Desa Tatebal Kecamatan Lenangguar, Sungai Sumbawa Kecamatan Sumbawa, dan Sungai Dusun Kuris Desa Labuan Kuris Kecamatan Lape. Berikutnya, Sungai Jompong Muer Kecamatan Plampang, Sungai Desa Juran Alas Kecamatan Alas, Sungai Brang Rea Desa Dalam Kecamatan Alas, Sungai Desa Buin Baru Kecamatan Buer, Sungai Desa Luar Kecamatan Alas, Sungai Desa Gontar Kecamatan Alas Barat dan Sungai Desa Perung Dusun Sumbersari Kecamatan Lunyuk. Selanjutnya, normalisasi Sungai Desa Rhee Kecamatan Rhee, Sungai Desa Rhee Loka Kecamatan Rhee, Sungai Desa Tarusa, Sungai Dusun Pamulung Desa Karang Dima Kecamatan Badas dan normalisasi Sungai Sering Atas Desa Kerato Kecamatan Unter Iwis. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Puluhan Penjual Ikan Ngelurug ke Gedung DPRD