Kelurahan Samapuin Dinilai, Tim Propinsi Disambut Ratib dan Tari Kreasi

oleh -68 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (19/10/2020)

Kampung Sehat Lingkungan Maras Kelurahan Samapuin Kabupaten Sumbawa dinilai Tim Penilai Lomba Kampung Sehat Tingkat Propinsi NTB, Senin (19/10/2020) siang. Kedatangan Tim Penilai Lomba disambut Pjs Bupati Sumbawa, Kapolres, Dandim 1607/Sumbawa, Anggota DPRD Sumbawa, Kadis DPMPD, Kadis Pol PP, Camat Sumbawa, Lurah se-Kecamatan Sumbawa, Kepala UPT Puskesmas Unit I Seketeng, serta sejumlah ketua lingkungan se Kelurahan Samapuin, tokoh agama, tokoh masyarakat, pengurus PKK Kelurahan setempat. Tim penilai disambut dengan Ratib Rabana Ode dan Tarian Kreasi “Cuci Tangan Enam Langkah”. Selanjutnya berkeliling meninjau sejumlah obyek yang menjadi kriteria penilaian kampung sehat di Lingkungan Maras Kelurahan Samapuin.

amdal

Selayang Pandang Kelurahan Samapuin disampaikan dalam dua bahasa (Bahasa Inggris dan Indonesia) bersama oleh Lurah Samapuin, Ditha Prisqy S.IP dan Lathifa Zulfa Hasan, pernah menempa pendidikan di Covandilla Privery School, Australia Selatan.

Dipaparkan Lurah Samapuin, bahwa kelurahan ini terdiri dari 6 RT, selama pandemi covid-19 belum ada warga yang terkonfirmasi karena selalu menjaga kesehatan secara rutin dengan berbagai cara. Secara umum Samapuin memiliki Puskesdes dan Posko Kesehatan serta Rumah Isolasi (eks kantor lurah lama).

Warga Samapuin melakukan inovasi seperti budidaya kurma, ikan lele dan nila, serta jamur bongkol jagung. Ada juga inovasi lain yakni Keban Maras dengan memanfaatkan ruangan pekarangan dan lahan, serta berbagai hasil karya UMKM, maupun kelompok rumah tangga lestari.

Baca Juga  Bantuan Bariri Nelayan Tetap Berlanjut di Tahun 2018

Di bidang pendidikan, sambung Lurah, lingkungannya memiliki sarana Bale Baca Maras, yakni rumah belajar warga serta dapur umum yang disiapkan jika ada situasi emergency dan bencana. Di bidang keamanan disediakan posko-posko keamanan, karena akses ke lingkungan ini banyak dan terbuka. Malam hari warga belajar mengaji, karena kelurahan ini merupakan pencetak qori dan qoriah nasional.

Pjs Bupati Sumbawa, Ir. Zainal Abidin M.Si dalam sambutan penerimaannya menyampaikan selamat datang kepada tim penilai lomba. Ia berharap agar lingkungan ini mampu meraih juara di tingkat propinsi. Dalam kesempatan itu Pjs Bupati Sumbawa menyumbang 800 buah masker kepada warga Kelurahan Samapuin. (SR)

iklan bapenda