KPU KSB Gelar Sosialisasi Berjenjang Pilkada Satu Paslon

oleh -28 views
bankntb

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (13/10/2020)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa Barat menggelar sosialisasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat dengan satu pasangan calon, secara berjenjang. Sosialisasi ini diawali dari   Taman Tiang Nam, Selasa (13/10) malam.

Komisioner KPU KSB, Herman Jayadi, S.AP dalam pemaparannya mengatakan, kondisi Pilkada saat ini berbeda dengan kontestasi pilkada sebelumnya. Selain pasangan calon tunggal, juga diselenggarakan di tengah mewabahnya pandemi Covid-19. “Di Pilkada kali ini, dibutuhkan pemahaman kepada seluruh masyarakat agar dapat mengetahui hal-hal apa saja yang dipatuhi dalam memilih nantinya,” ujar Herman.

Dalam sosialisasi yang dihadiri sejumlah stakeholder tersebut, Herman menegaskan bahwa, penerapan protokol kesehatan Covid-19 menjadi suatu keharusan yang harus dijalankan. Misalnya menggunakan masker, mencuci tangan, hingga menjaga jarak. “Selain itu, pemilih akan dicek suhu sebelum masuk ke dalam TPS menggunakan termogan. Pemilih di dalam TPS dibatasi hingga 12 orang dengan jarak yang sudah diatur oleh petugas KPPS,” tambahnya.

Tak selesai, sambung Herman, alat coblos yang digunakan tetap menggunakan paku. Dimana akan selalu disterilisasi oleh petugas dalam sekali pemakaian. Terakhir, jari pemilih tidak lagi dicelupkan ke botol tinta, namun petugas akan meneteskan di jari pemilih. “Jadi aturan sedemikian rupa, diatur agar kita bisa meminimalisir penyebaran Covid-19. Kita tidak ingin ada kluster baru nantinya dalam pelaksanaan Pilkada ini,” tandasnya.

Baca Juga  Sampaikan Aspirasi Umat Islam, NU dan Wahid Foundation Temui Dubes AS

Untuk diketahui, sosialisasi diadakan di 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Taliwang, Kecamatan Seteluk dan Kecamatan Poto Tano. Beberapa hal yang menjadi pembahasan dalam sosialisasi yakni, Teknis Penyelenggaraan Pemilihan Satu Pasangan Calon, diantaranya Specimen Surat Suara, Tata Cara Pencoblosan, Suara Sah dan Suara Tidak Sah, hingga Teknis Penetuan Pemenang. (HEN/SR)

iklan bapenda