Setelah Kelurahan Dorotangga, Tim Propinsi Nilai Desa Kadindi

oleh -16 views
bankntb

DOMPU, samawarea.com (18/10/2020)

Tim Penilai Lomba Kampung Sehat Tingkat Provinsi NTB yang dipimpin Joko Jumadi melakukan penilaian Desa Kadindi, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu yang merupakan perwakilan ke tingkat provinsi, Minggu (18/10/2020). Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Sekda Kab. Dompu Drs H. Muhibuddin MSi, Kabag Humas Pemda Dompu Muhamad Iksan, Kepala BPBD Kab. Dompu Jufri ST MT, Kasat Binmas Polres Dompu Iptu Jailani, Kapolsek Pekat Ipda Muh. Sofyan Hidayat S.Sos. Hadir juga Camat Pekat, Gunawan, Kepala UPTD Puskesmas Calabai Syafrudin, Kepala KUA Pekat Rusli, Kepala Desa Kadindi Doriwanto, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda

iklan bapenda

Sekda Dompu Drs. H Muhibudin M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa Desa Kadindi yang terletak paling barat Dompu merupakan daerah yang paling makmur tingkat kesejahteraannya. Di desa itu berkumpul berbagai macam suku yang hidup berdampingan secara damai. Berdasarkan peta, seluruh desa di Kecamatan Pekat untuk pandemi Covid-19 dinyatakan zona hijau. Lebih jauh dikatakan Sekda, bahwa Desa Kadindi adalah desa yang cukup maju. Desa ini mendapat juara tiga nasional untuk ketahanan pangan. Selain itu meraih juara 2 tingkat propinsi untuk Lomba Perpustakaan. “Ya, tingkat kemakmuran masyarakat di Desa Kadindi sangat maju dan mandiri. Di sini juga komoditas walet,”terang Sekda.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Kampung Sehat Tingkat Provinsi NTB, Joko Jumadi mengaku bersyukur bisa berkunjung di Desa Kadindi yang sangat sejuk dan damai. Untuk penilaian, dilakukan dua tahap. Sebelumnya pihaknya sudah turun tanpa sepengetahuan Kades maupun Kapolsek. Penilaian yang dilakukan terkait dengan penerapan protokol Covid-19.

Baca Juga  Covid-19: Harapan Kehidupan di Desa

Tujuan Kapolda melaksanakan lomba ini ungkap Joko sebagai salah satu ikhtiar bersama untuk memutus mata rantai Covid-19 di Provinsi NTB. “Sampai saat ini belum ditemukan obat ataupun vaksinnya. Kita hanya bisa berupaya semaksimal mungkin untuk mematuhi protokoler Covid19 antara lain kita memakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan jauhi kerumunan,” ujarnya.

Terpisah, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH SIK menyatakan bahwa Desa Kadindi merupakan perwakilan Kecamatan Pekat yang mendapat peringkat 3 dalam lomba kampung sehat tingkat Kabupaten Dompu. Dalam penilaian Lomba kampung sehat tingkat Provinsi NTB ada 4 bidang sebagai bahan penilaian yaitu bidang kesehatan, sosial budaya, keamanan dan sosial ekonomi. (SR)

iklan bapenda