TMMD Wujudkan Harapan Petani Jotang, Bangun JUT Sepanjang 1.100 Meter

oleh -85 Dilihat

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (13/10/2020)

Salah satu persoalan petani di Desa Jotang adalah akses jalan untuk lalulintas hasil pertanian. Sebab selama ini petani terutama dari Desa Jotang menuju Dusun Stowe Brang, Desa Empang Atas, mengalami kesulitan dalam mengangkut hasil pertaniannya. Hal ini sangat berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat petani setempat. Karena itu keberadaan program TMMD ke-109 Tahun 2020 Kodim 1607/Sumbawa, menjadi berkah bagi para petani. Sebab melalui program tersebut, Jalan Usaha Tani (JUT) yang diidam-idamkan masyarakat akhirnya terwujud. Satgas TMMD bersama warga saat ini telah melaksanakan pengerjaan pembangunan jalan usaha tani (JUT) di Desa Jotang, Kecamatan Empang. JUT itu dari desa Jotang menuju Dusun Stowe Brang Desa Empang Atas. Kini fisiknya sudah mencapai 65%. JUT sepanjang 1100 meter dan lebar 4 meter akan diselesaikan oleh Satgas TMMD 109 untuk kepentingan masyarakat dan Selasa (13/10/2020) saat ini jalan telah digarap dan diratakan dengan menggunakan alat berat.

Dandim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos, M.Tr (Han) selaku Dansatgas TMMD ke 109 di sela sela kesibukannya mengungkapkan, JUT merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian untuk memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian. Selain itu sarana untuk mengangkut hasil produk pertanian dari lahan menuju tempat penyimpanan, tempat pengolahan, maupun lokasi pemasaran. “Keberadaan JUT ini sangat penting dalam upaya memberdayakan perekonomian masyarakat, sehingga dalam TMMD 109 Kodim 1607/Sumbawa, menjadi salah satu obyek sasaran fisik,” ungkapnya.

Baca Juga  Lagi, Tim Puma Polres Sumbawa Bekuk Pencuri HP

Keberadaan JUT ini, lanjut Letkol Rudi, lebih memudahkan mobilitas Alsintan, pupuk maupun hasil produksi pertanian, sehingga para petani lebih termotivasi dalam meningkatkan kapasitas produksi pangan di wilayahnya, khususnya Desa Jotang menuju Dusun Stowe Brang Desa Empang Atas, Kecamatan Empang. “Harapan baru bagi masyarakat Desa Jotang telah ada di depan mata dengan dibangunnya jalan usaha tani, karena akan membantu masyarakat untuk bersemangat dalam bekerja dan berkarya demi kesejahteraan serta perkembangan secara perekonomian,” terang Dansatgas.

Ia berharap, setelah selesainya program TMMD ini, warga desa dapat terus menjaga dan merawat hasil pekerjaan mereka sehingga nantinya memiliki manfaat dalam jangka panjang. (SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *