Miliki Sifat Terpuji, Ketua Pembangunan Masjid ini Layak Jadi Bupati Sumbawa

oleh -18 views
Haji Jarot
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (8/10/2020)

Masyarakat Desa Karang Dima Kecamatan Badas Kabupaten Sumbawa khususnya para jamaah Masjid Jami Al-Falah, sangat bangga karena salah satu jamaahnya menjadi calon Bupati Sumbawa untuk Pilkada 2020. Kebanggaan ini karena menilai figur jamaah yang dipercaya sebagai Ketua Umum Pembangunan Masjid setempat dikenal sholeh, ramah, berkorban dan memiliki jiwa sosial yang tinggi. Dengan sifat tersebut masyarakat dan para jamaah menilainya sangat pantas menjadi Bupati Sumbawa karena memiliki ciri-ciri pemimpin dambaan masyarakat. Ia adalah Ir. H. Syarafuddin Jarot MP. Pada pesta demokrasi ini mantan Senior Manager PTNNT dan AMNT tersebut maju berpasangan dengan Ir. H. Mokhlis M.Si—senior Birokrasi yang pernah menjabat sebagai Plt Bupati Sumbawa. Dengan tagline “Sumbawa Maju” pasangan bernomor urut 5 tersebut diusung Partai Gerindra, Hanura, PKPI dan Berkarya.

amdal
Pengurus Masjid Al Falah

Salah satu jamaah, Saimena yang juga Bendahara Pembangunan Masjid Al Falah Karang Dima Kecamatan Badas yang ditemui samawarea.com, kemarin, mengatakan, bahwa Ir. H. Syarafuddin Jarot MP yang akrab disapa Haji Jarot ini dipercaya sebagai Ketua Pembangunan Masjid setempat sejak Tahun 2017 lalu, jauh sebelum Pilkada. Bertempat tinggal tepat di depan masjid, membuat Haji Jarot kerap sholat berjamaah. Sikapnya yang ramah tanpa sekat, membuatnya mudah membaur dengan masyarakat. Bahkan perhatiannya terhadap keberadaan masjid sangat luar biasa. Tidak jarang bantuan spontan diberikan dan ini sangat sering dilakukan. Karena itu ketika ada pemilihan Ketua Umum Pembangunan Masjid Al Falah Tahun 2017 lalu itu, para jamaah sepakat memilihnya. “Jiwa sosialnya yang tinggi dan rajin sholat, membuat kami bersimpati dan memberikan kepercayaan itu,” kata Saimena.

Baca Juga  Setujui Relokasi di BBU Sering, DPRD Sumbawa Didemo

Sebagai orang yang memiliki kedudukan tinggi di perusahaan asing dan terbilang sangat sibuk, Haji Jarot justru tidak gengsi untuk menerima kepercayaan masyarakat dan tidak menjadikannya sebagai beban. Apalagi menilai jabatan sebagai pengurus masjid itu kerap dipandang sebelah mata. Justru Haji Jarot menerimanya dengan tangan terbuka, karena ia menilai itu tugas mulia tanpa pamrih yang bernilai ibadah. “Ini yang kami salut, beliau ini sangat luar biasa,” puji Saimena.

Saimena yang didampingi pengurus masjid lainnya, Ahmad Hasbullah dan Kadus Tanjung Pengamas, Suprianto, mengatakan, selama kepemimpinan Haji Jarot ini, Masjid Al-Falah secara fisik berubah drastis. Pembangunan atau rehab kerap dilakukan, sehingga kondisi masjid terlihat cukup mentereng dan di dalamnya terpasang beberapa AC membuat para jamaah nyaman untuk beribadah. Meski kas masjid tidak banyak, namun pekerjaan rehab yang membutuhkan anggaran yang tidak sedikit selalu bisa saja dilaksanakan. Kekurangan anggaran meski cukup besar, selalu dipenuhi secara pribadi oleh Haji Jarot. Kebiasaan ini jauh sebelum terdengar keinginan Haji Jarot maju di Pilkada, dan tidak pernah disinggungnya. “Ketika kami ingin rehab atau pengadaan fasilitas masjid seperti AC, lampu hias dan lainnya, kami lapor beliau kalau dana kas masjid ini segini dan belum cukup untuk membiayai pengerjaannya. Beliau hanya bilang, kerjakan !…Kalau beliau sudah bilang begitu, semua masalah beres,” ujar Saimena diamini Ahmad Hasbullah.

Baca Juga  Penyidik Tipikor Turun Cek Sapi Bansos Penyaring  

Terkait dengan pencalonan Haji Jarot sebagai Bupati Sumbawa, Saimena menyambut positif. Ia menilai orang seperti Haji Jarot sangat pantas menjadi pemimpin. Karena menjadi seorang pemimpin harus banyak berkorban, peduli dan sudah selesai untuk dirinya. “Masalah dukung mendukung itu tergantung hati masing-masing. Dan sampai saat ini Haji Jarot juga tidak pernah menyampaikan terkait pencalonannya di masjid atau para jamaah. Mungkin beliau tidak ingin mencampurkan-adukkan antara politik dan ibadah. Tapi secara pribadi saya mengenal beliau sebagai orang yang baik, merakyat, peduli dan pantas jadi pemimpin,” tandas Saimena. (SR/Advertorial)

iklan bapenda