Bawaslu Sumbawa Segera Rekrut Pengawas TPS

oleh -13 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (5/10/2020)

Bawaslu Kabupaten Sumbawa akan segera membentuk Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Rencana ini diawali dengan digelarnya Rapat Koordinasi di Aula Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Senin (5/10/2020). Rakor yang dihadiri seluruh Koordiv Organisasi dan SDM Panwaslu Kecamatan dan stafnya  ini dilaksanakan secara protokol kesehatan dan dibuka Ketua Bawaslu, Syamsihidayat, S.IP.

amdal

Dalam sambutannya, Syamsi menyampaikan Bawaslu melalui Panwaslu Kecamatan berkewajiban untuk membentuk Pengawas TPS. Hal ini sesuai dengan Peraturan Bawaslu RI No. 8 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Bawaslu No. 19 Tahun 2017. Open Recruitment Pengawas TPS sudah mulai dibuka dari 3 hingga 15 Oktober 2020.

Sementara Koordiv Organisasi dan SDM Bawaslu Sumbawa, Lukman Hakim, SP, M.Si sekaligus sebagai pemateri menjelaskan bahwa Pengawas TPS sesuai dengan amanat undang undang nantinya akan dibentuk oleh Panwaslu Kecamatan untuk membantu Panwaslu Kelurahan/Desa. Untuk seluruh proses ini sudah disiapkan formulirnya. Karena kondisi geografis di beberapa kecamatan yang cukup jauh dan akses ke Sekretariat Panwaslu Kecamatan sangat sulit, maka Panwaslu Kecamatan bisa mendelegasikan penerimaan berkas Pengawas TPS ke Panwaslu Desa dengan surat tugas yang telah diatur di peraturan perundang-undangan. Misalnya di Kecamatan Orong Telu, Batu Lanteh, Badas dan Alas.

Untuk Pengawas TPS syaratnya harus memiliki integritas yang baik, tidak terlibat partai/golongan tertentu karena nantinya akan menjadi ujung tombak Bawaslu dalam melakukan pengawasan di seluruh TPS. “Terhadap perekrutan Pengawas TPS ini, seluruh Panwaslu Kecamatan diharapkan mengumumkan dan menyampaikan informasi ini ke seluruh desa hingga pelosok,” tutupnya. (SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Jika Terpilih, Zul Rohmi Siap Garap Loang Gali Lotim