Sumbawa akan Maju Jika Dipimpin Seorang Enterpreneur

oleh -9 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (2/10/2020)

Ir. H. Syarafuddin Jarot MP—Ir. H. Mokhlis M.Si merupakan pasangan yang lengkap. Selain kapasitas dan kapabilitasnya, pasangan berjargon Sumbawa Maju ini dikenal memiliki integritas yang tak diragukan lagi. Perpaduan professional-entrepreneur dan birokrat ini diyakini mampu membawa Kabupaten Sumbawa maju melebihi kabupaten/kota lainnya. “Paket ini sudah sangat lengkap, kapasitas, kapabilitas dan integritas pasangan Jarot-Mokhlis sudah tidak diragukan lagi,” kata Ismul Yasin, tokoh masyarakat Desa Labu Ijuk, Kecamatan Moyo Hilir saat menyambut kehadiran Calon Bupati Sumbawa, Ir. H. Syarafuddin Jarot MP beserta timnya pada kampanye terbatas, belum lama ini.

Menurutnya, sudah saatnya Sumbawa dipimpin oleh Bupati berlatar belakang entrepreneur. Sebagai contoh Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan yang menjadi salah satu daerah termaju di Indonesia. Banyak daerah lain yang datang belajar ke sana. Ini karena dipimpin oleh seorang entrepreneur. Dan banyak negara-negara maju juga karena dipimpin oleh seorang enterpreneur. Jika ingin Sumbawa seperti Bantaeng, jawabannya adalah memenangkan Jarot—Mokhlis.

Diakui Ismul Yasin, anggaran APBD Sumbawa tidak mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Jika hanya mengandalkan APBD seperti yang selama ini terjadi, maka Sumbawa tidak akan maju dan pembangunan akan stagnan, yang ujung-ujungnya pekerjaan seorang bupati hanya hobby bongkar pasang ‘kabinet’. Karena itu di era global saat ini, sambungnya, seorang pemimpin tidak hanya dituntut memiliki kapasitas, kapabilitas dan integritas, namun network (jaringan) yang luas baik pusat maupun internasional. Ini sangat penting, agar pemimpin tersebut mampu mendatangkan anggaran dari luar untuk menopang APBD sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakatnya. “Tugas bupati cari uang sebanyak-banyaknya, dan mendatangkan investor sebanyak-banyaknya, bukan sebaliknya hanya mengandalkan APBD saja,” tukasnya.

Baca Juga  Sumbawa Gelar Pilkades Dua Tahun Sekali

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan Palon Jarot Mokhlis, H Irwan Rahadi ST menyatakan bahwa Jarot—Mokhlis adalah satu-satunya pasangan yang memiliki latar belakang entrepreneur. Ini sangat penting karena sudah saatnya mengelola birokrasi dengan pendekatan entrepreneur. Artinya, birokrasi yang dikelola harus mendatangkan keuntungan. Dengan keuntungan ini akan mengarah kepada kesejahteraan aparatur yang berdampak bagi maksimalnya pelayanan kepada masyarakat. Pasangan ini juga merupakan perancang dan ahli di bidang pertanian. Jarot—Mokhlis merupakan jebolan magister pertanian. Satunya ahli meningkatkan produksi pertanian, satunya lagi ahli mengelola pertanian yang mendatangkan keuntungan besar bagi petani. Dengan perpaduan yang komplit ini, Ia optimis masyarakat Sumbawa yang sebagian besar petani akan sejahtera di bawah kepemimpinan Jarot–Mokhlis. Haji Irwan juga mengaku bersyukur dukungan terhadap Jarot—Mokhlis terus berdatangan dan mengalir tak terbendung. “Intinya masyarakat membutuhkan pemimpin baru yang mampu membawa perubahan,” ujarnya.

Di tempat yang sama Calon Bupati Sumbawa, Haji Jarot mengatakan, persoalan petani sangat mudah untuk diatasi. Untuk mengatasi anjloknya harga gabah maupun jagung, adalah dengan mendatangkan atau membangun pabriknya di wilayah setempat. Dengan adanya pabrik, tidak hanya mendongkrak harga jagung tapi juga membuka lapangan kerja dan adanya pertumbuhan ekonomi baru. Tak hanya itu, melakukan industrialisasi pertanian. Ini dimaksudkan agar petani memperoleh banyak untung. Sebab banyak hasil pertanian bukan jaminan untuk mendapat untung yang banyak. “Fokus kami bagaimana petani yang sebelumnya mendapat keuntungan 10 juta bisa menjadi 20 juta atau 30 juta. Jika tahun ini dirasakan tanam jagung merugikan akibat cuaca dan serangan hama, dapat disiasati dengan menanam tanaman pertanian lainnya yang sesuai dengan kondisi saat itu. “Intinya kami berupaya menjadikan petani lebih banyak mendapat untung,” tandasnya.

Baca Juga  PN Jaksel Perintahkan Rehabilitasi Nama Fahri Hamzah

Di bagian lain Calon Bupati yang mengusung Tagline “Sumbawa Maju” ini menyatakan tidak berjanjikan untuk membangun jalan, bendungan dan infrastruktur lainnya. Tapi Jarot Mokhlis berjanji akan mendatangkan dana APBN atau dana di luar APBD Sumbawa yang banyak. Selain itu mendatangkan banyak investor untuk berinvestasi. Dengan uang yang banyak, maka apapun bisa dibangun. Dengan banyaknya investor, pembangunan Sumbawa cepat bergeliat. (SR/Advertorial)

iklan bapenda