Musda I IKAPPNH Sumbawa dan KSB Dorong Tingkatkan SDM di Era 4.0

oleh -93 Dilihat

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (27/9/2020)

Musyarawah Daerah ke-I Ikatan Keluarga Alumni Pondok Pesantren Nurul Hakim (IKAPPNH) Daerah Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat Tahun 2020 resmi digelar. Kegiatan  dengan tema “Sinergitas Peran Alumni Pondok Pesantren Nurul Hakim (IKAPPNH) Dalam Upaya Mendorong Peningkatan Sumberdaya Manusia di Era 4.0” ini dilaksanakan di Aula Hotel Sernu, Sabtu (26/9) kemarin.

Bupati Sumbawa diwakili Asisten Administrasi Umum Sekda Kab. Sumbawa Ir. H. Iskandar D., M.Ec., Dev., saat membuka kegiatan itu menyampaikan bahwa era 4.0 adalah era dimana sumberdaya manusia berkualitas sangat dibutuhkan. Bukan hanya sekedar memahami sumberdaya manusia sebagai populasi yang banyak, tetapi SDMnya itu sudah menyangkut persoalan jasmani dan rohani. “Kualitas SDM itu adalah gambaran kualitas jasmani dan rohani yang sinergis satu sama lain dalam setiap individu. Mengandalkan jasmani saja belum menjadikan itu sebagai indikator sumberdaya yang berkualitas. Manusia boleh kekar, sehat dan memiliki tubuh atletis, tetapi rohaninya sebaliknya maka dia bukanlah SDM yang berkualitas, begitu juga rohaninya bagus tetapi aspek jasmaninya ditinggalkan ini juga belum menunjukkan SDM yang berkualitas,” ujarnya.

Bupati memandang tema yang diangkat dalam kegiatan ini sebagai semangat yang sudah diniatkan khususnya oleh para Alumni Pondok Pesantren Nurul Hakim untuk berkiprah dalam rangka mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas. “Jadi persoalan sumberdaya manusia ini menjadi titik pangkal yang syukur Alhamdulillah teman-teman dari IKAPPNH sudah betul-betul berkomitmen untuk menjadikan tema ini sebagai salah satu inti yang akan menjadikan semangat di dalam proses Musda pertama yang akan berlangsung hari ini hingga berakhir,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Bupati menyampaikan apresiasi kepada Alumni Pondok Pesantren karena telah memberi kontribusi yang cukup besar dan bermakna dalam pencapaian visi dan misi pembangunan lima tahun ini di Kabupaten Sumbawa. Keberadaannya bukan sekedar untuk peningkatan kualitas SDM saja tetapi juga di dalam aspek dan segmen-segmen visi yang lainnya.

Karenanya, Bupati berharap Musda IKAPPNH Daerah Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat yang pertama ini dapat berjalan dengan lancar dan agenda-agenda besar berdasarkan tema akan dapat ditransformasikan oleh para peserta Musda. Bupati juga berharap melalui Musda ini akan dapat melahirkan beberapa rekomendasi yang berguna, bukan hanya bagi IKAPPNH tetapi juga bagi daerah ini secara umum. (SR)