Tahun ini KSB Batal Dapat Bantuan Septitank 

oleh -3 views
bankntb

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (29/9/2020)

Hingga kini wabah Covid-19 masih terus membutuhkan penanganan serius. Untuk penanganannya banyak kegiatan yang sudah diprogramkan oleh pemerintah daerah harus dikorbankan, termasuk anggaran dalam menjemput program peningkatan kualitas jamban dari pemerintah pusat. Karena itu pada tahun 2020 ini, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tidak mendapatkan bantuan saptictank.

amdal

Ditemui samawarea.com, Senin (28/9), Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR KSB, Burhanuddin Harahap ST mengakui hal itu. Tidak adanya bantuan septictank tahun ini karena pihaknya sudah mundur dari pengajuan ke pemerintah pusat. Pasalnya, pola penerima bantuan untuk septictank harus menyiapkan anggaran talangan untuk pengerjaannya. Mengingat situasi pandemi, anggaran tersedot ke penanganan Covid. “Jadi kita diminta mundur oleh pimpinan, karena kita tidak ada uang,” akunya.

Untuk Tahun 2021 mendatang, pihaknya akan mengajukan lagi penawaran bantuan septic tank. Setelah meminta persetujuan Bupati, semua kebutuhan kelengkapan berkas sudah dikirim. “Untuk tahun ini yang kita kirim data yang tahun kemarin lagi, jadi sudah tidak ada pendataan ulang, mekanismenya tetap seperti semula. Kita serahkan data mereka turun untuk mengecek di lapangan semua nama yang diajukan apakah sudah sesuai kriteria atau tidak. Setelah dicek lapangan untuk diverifikasi pemerintah pusat menentukan berapa jumlah bantuan yang akan kita berikan,” jelasnya.

Jika disetujii tahun 2021 sebanyak 5000 unit septictank, lanjut Burhanudddin, maka jumlah rumah yang sudah terpasang peningkatan kualitas jamban dengan septictank dari 2017 sampai 2021 mencapai sekitar 26.000 rumah. “Jadi PR pemerintah daerah tinggal 10 ribu rumah yang belum terpasang, dan kami beriktiar untuk menuntaskan bantuan hibah peningkatan kualitas jamban 100 dengan waktu secepatnya. Kami sangat yakin kita akan terus disupport oleh pemerintah pusat karena untuk pemasangan septic tank kita yang paling progresif se-Indonesia,” tandasnya.

Baca Juga  UII-ACT Bersinergi Bantu Bencana Kemanusiaan dari Lokal Hingga Global

Lebih jauh dikatakan Burhanuddin, untuk bantuan septic tank setiap 3 tahun harus dikuras. Karenanya untuk bantuan septic tank Tahun 2017 harus sudah dikuras. Sementara untuk jasa penyedotan pihaknya memiliki 2 unit kendaraan yang siap beroperasi tinggal dihubungi tanpa dipungut biaya. (HEN/SR)

iklan bapenda