Fakultas Teknik UTS Siap Tuntaskan Masalah Pemdes Uma Beringin

oleh -19 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (30/9/2020)

Desa Uma Beringin Kecamatan Unter Iwes Kabupaten Sumbawa menjadi salah satu sasaran Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). Dalam program PKM ini, UTS menggandeng mahasiswa Fakultas Teknik untuk ikut andil dan berkonstribusi yang kebetulan melaksanakan program perkuliahan kampus, yaitu KKN (Kuliah Kerja Nyata). Dalam menyukseskan program yang mengusung tema “Menuju Konsep Smart Village” Fakultas Teknik UTS bekerja sama dengan perangkat desa setempat. Ini ditandai dengan pelepasan dan penerimaan KKN di Kantor Desa Uma Beringin, Senin, 28 September 2020 lalu.

amdal

Ketua Program KKN Tematik, Tri Susilawati M.Si saat memberikan sambutan menyebutkan peserta KKN Tematik Fakultas Teknik mencapai 48 mahasiswa. Mereka akan turun menangani dan menyelesaikan permasalahan di desa setempat. Di antaranya pembuatan aplikasi untuk membantu optimalisasi pelayanan desa, peningkatan pemasaran produk usaha desa, peningkatan kegiatan Karang Taruna dan penataan kota sebagai branding desa.

Sementara Sekretaris Desa Uma Beringin, Muhammad Akasah Hafidz, S.Ilkom, berharap desanya yang telah menjadi desa model ini lebih inovatif lagi dengan dukungan dari program KKN selama beberapa waktu kedepan. Ia menginginkan adanya teknologi digitalisasi dalam membantu proses pelayanan dan penyebaran informasi terkait Desa Uma Beringin kepada masyarakat. Di bagian lain, Ia mengingatkan agar dalam pelaksanaan KKN Tematik, tetap menerapkan protocol Covid-19 sehingga program berjalan tanpa mengesampingkan kesehatan diri maupun masyarakat sekitar. “Saya yakin, dengan semangat mengabdi kepada masyarakat, mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) akan memberikan manfaat kebaikan pada masyarakat Desa Uma Beringin untuk kemajuan desa dan daerah,” pungkasnya.

Baca Juga  Seminar Nasional SIT SC Sukses, Kupas Pola Asuh Generasi Milenia

Pantauan lapangan, Rektor UTS melalui Wakil Rektor III Bidang Riset dan Inovasi, Khotibul Umam, M.Sc melepas secara simbolik Mahasiswa KKN Tematik Fakultas Teknik yang turun ke desa selama 45 hari kedepan. Penerimaan disambut langsung oleh Sekretaris Desa Uma Beringin. (SR)

iklan bapenda