Dua Kecamatan Zona Hijau di KSB Terapkan Sekolah Tatap Muka

oleh -7 views

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (29/9/2020)

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat telah menerapkan sekolah tatap muka di dua kecamatan yang berstatus zona hijau yaitu Kecamatan Brang Ene dan Kecamatan Jereweh.

DPRD

Ditemui samawarea.com, Selasa (29/9/2020), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbawa Barat, Drs. Mukhlis M.Si membenarkan dua kecamatan telah berstatus zona hijau bebas dari Covid. Karena itu diizinkan untuk melakukan proses belajar mengajar secara tatap muka sejak 14 September kemarin.

Selain izin bupati, tatap muka ini harus juga ada persetujuan dari orang tua wali murid. Menurut Mukhlis, seluruh orang tua setuju. Dikbud juga lanjut Mukhlis, harus juga melihat kesiapan sekolah dalam proses belajar mengajar. Seperti ketersediaan sarana prasarana untuk cuci tangan. Dan pihaknya pastikan semua sekolah sudah ada sarpras tersebut.

Untuk mengantisipasi kerumunan dalam sekolah proses belajar mengajar, sekolah menggunakan 2 gelombang dengan kapasitas 50 persen dari jumlah murid. Siswa juga tidak ada jam bermainnya. Mereka belajar sampai pukul 10.00 untuk gelombang pertama, gelombang kedua jam 12.00 Wita. Dalam pergantian, guru tidak diperkenankan keluar sebelum guru selanjutnya masuk, agar ada yang mengontrol siswa. Bagi siswa yang kurang sehat diharapkan untuk tidak masuk sekolah. Untuk mengantisipasinya, setiap siswa yang masuk sekolah diukur suhu tubuhnya. Ketika melebihi batas normal tidak diperkenankan untuk sekolah. “Selama dua minggu penerapannya kita evaluasi, proses belajar mengajar berjalan dengan lancar siswa juga bisa kita atur dengan penerapan protokol kesehatan. Kalau dalam waktu dekat proses ini terus berjalan lancar, maka kami akan merekomendasikan kecamatan lain yang berstatus zona hijau kepada Bupati untuk di-SK-kan. Cara ini terpaksa kami lakukan karena saat ini tidak ada yang lebih penting dari kesehatan. Mudah-mudahan masyarakat bisa mengerti kondisi ini,” ujarnya. (HEN/SR)

DPRD DPRD
Baca Juga  Dosen Akademi Komunitas Olat Maras Ikuti TOT di Trakindo