BKPH Batulanteh Bantu Promosi Produk Lokal Masyarakat Sekitar Hutan

oleh -7 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (29/9/2020)

Balai KPH Batu Lanteh Sumbawa Provinsi NTB dinilai cukup andil dalam melakukan pemberdayaan masyarakat di sekitar hutan wilayah kerjanya. Dengan kekayaan potensi hutan yang begitu banyak, Balai KPH setempat berhasil mendukung lahirnya sejumlah pengusaha lokal Sumbawa yang bahannya dari hutan, seperti madu, jahe, kopi dan lainnya. Agar bernilai ekonomis dan merambah dunia bisnis, Balai KPH Batulanteh Sumbawa ini membantu mempromosikan produk lokal tersebut. Itu dilakukan sebagai upaya mempertahankan ekonomi masyarakat di tengah pandemi covid-19 saat ini. ‘’Kami mempertimbangkan untuk bagaimana bersama para pihak membantu masyarakat kita dalam membudidaya, berdaya saing, dan kemudian meningkatkan kepercayaan diri mereka,’’ kata Kepala BKPH Batulanteh, Dadan Kuswardha S.Hut saat bersilaturahim dengan jajaran pers Sumbawa, Selasa (29/9) kemarin.

amdal

Menurutnya, masyarakat Kabupaten Sumbawa memiliki nilai dan kemampuan, juga sumberdaya yang layak untuk dibantu, terutama dalam hal promosi agar bisa bersaing di pasar yang lebih luas. ‘’Selama ini masyarakat lokal terkesan minder dengan membangun komoditas-komoditasnya. Karena produk-produk dari luar dengan kemampuan fiskal yang tinggi itu seolah-olah meniadakan potensi lokal yang seharusnya sama-sama kita bantu, sehingga mereka betul-betul menjadi bagian dari kondisi ekonomi lokal yang saat ini menjadi tiga bagian pertahanan ekonomi di saat krisis yang sedang berlangsung saat ini,’’ ungkapnya.

Disebutkannya, ada beberapa produk lokal yang dipromosikan. Di antaranya madu yang dikelola BUMDes Sahabat Desa Semamung Kecamatan Moyo Hulu, sirup jahe yang dikelola Kelompok Tani Hutan Brang Tampu Dusun Punik Desa Batudulang Kecamatan Batulanteh, serta Kawa Acing dari Dusun Punik.

Baca Juga  Warga Ai Bari Minta Proyek SAMOTA Dihentikan

Tujuannya mempromosikan produk lokal ini, kata Dadan, untuk membantu masyarakat agar bisa lebih berdaya. “Mari kita bantu bagaimana nilai-nilai itu punya nilai yang baik pemanfaatannya untuk masyarakat. Ini salah satu misi KPH bagaimana sumberdaya hutan khususnya, sumberdaya alam umumnya di Kabupaten Sumbawa ini bisa lebih berharga, bermanfaat untuk masyarakat kita,’’ cetusnya.

Di tempat yang sama, Perwakilan PWI Sumbawa, Sukrianto SE memberi apresiasi atas upaya yang dilakukan BKPH Batulanteh dalam membantu masyarakat. Menurutnya ini langkah awal untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat di bawah binaan KPH Batulanteh. Ia berharap apa yang dilakukan KPH dapat disupport para wartawan terutama yang tergabung dalam PWI dan IJTI. Paling tidak bisa mempromosikan produk-produk UMKM lokal. Karena ini sangat sejalan dengan program Gemilang Pemprov NTB, salah satunya pemberdayaan UMKM. “Apalagi di tengah-tengah pandemi sekarang ini, paling tidak harapan kami kedepan apa yang sudah dilakukan ini bisa dipertahankan, kalau bisa ditingkatkan lagi,’’ pungkasnya. (SR)

iklan bapenda