Ikhtiar Rebut Pasar ASEAN, 34 Pengusaha Pemula Didiklatkan  

oleh -100 Dilihat

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (29/9/2020)

Pjs. Bupati Sumbawa diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, L. Suharmaji, ST.MT., membuka secara resmi Diklat Kewirausahaan Digital Bagi Pelaku Usaha Pemula, yang diselenggarakan Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumbawa. Bertempat di Aula Hotel Tambora Sumbawa, Senin (28/9), Diklat diikuti 34 orang peserta dan akan berlangsung selama 5 hari atau hingga 2 Oktober 2020 mendatang. Kegiatan itu menghadirkan narasumber yakni Kadis Koperindag Sumbawa, WI Senior Baltkop NTB dan Dosen Universitas Teknologi Sumbawa (UTS).

Pjs. Bupati Sumbawa dalam sambutannya menyampaikan, di era Asean Economic Community (AEC), UMKM dituntut untuk mampu bersaing, sebab Indonesia merupakan pasar yang besar dan diperebutkan oleh seluruh pelaku usaha di kawasan ASEAN. Untuk itu, Pjs Bupati berharap agar pelaku UMKM di Kabupaten Sumbawa, dapat memiliki daya saing yang lebih tinggi. Dikatakan, para pelaku UMKM perlu terus diarahkan untuk mampu membangun usahanya menjadi lebih baik, sehingga mampu bertahan dan bersaing di era pasar bebas. Di Kabupaten Sumbawa, ungkapnya, UMKM memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan ekonomi daerah. “Selain memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, juga dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang relatif besar,” ujarnya.

Baca Juga  DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KSB MENGUCAPKAN SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA

Lebih jauh dijelaskan, kurangnya akses terhadap pasar, permodalan, pengembangan teknologi informasi dan pengembangan SDM, jaringan usaha dan sebagainya, akan berpengaruh pada rendahnya produktivitas dan daya saing UMKM. “Mudah-mudahan ke depan, UMKM kita mampu meningkatkan kualitas produknya serta dapat berinovasi dalam membangun daya saing usaha, tentunya dengan memanfaatkan kegiatan diklat ini sebagai media pembelajaran, menambah wawasan, dan pengalaman usaha,” tutup Pjs Bupati. (SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *