Tingkatkan Ketahanan Pangan, Satgas TMMD Bangun Saluran Irigasi 350 Meter

oleh -4 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (24/9/2020)

Satgas TMMD ke 109 Kodim 1607/Sumbawa bersama masyarakat bergotong royong membangun saluran irigasi di Desa Jotang, Kecamatan Empang, Kabupaten Sumbawa, Kamis (24/9). Satgas mulai bekerja pada 22 September hingga 21 Oktober 2020 mendatang. Dari beberapa sasaran kegiatan fisik, di antaranya yaitu pembuatan saluran irigasi sepanjang 350 meter yang berlokasi di Desa Jotang, nantinya akan mengairi sawah seluas 45 hektar. Masyarakat yang memanfaatkan air irigasi tersebut adalah masyarakat dari Desa Jotang dan Desa Jotang Beru.

iklan bapenda

Anggota Satgas TMMD 109 bersama warga terlihat bergotong-royong mengerjakan saluran irigasi tersebut. Pada hari ke 2 pasca dibukanya TMMD ke 109 Kodim 1607/Sumbawa, program irigasi yang sudah selesai dibangun sekitar 20 meter. Hal tersebut disampaikan Dandim 1607/Sumbawa Letkol Kav Rudi Kurniawan, S.Sos, M.Tr (Han) selaku Dansatgas TMMD ke 109 di sela sela kesibukannya.

Selain itu Dansatgas juga menyampaikan dengan ada saluran irigasi diharapkan debit air dapat maksimal mengairi lahan pertanian yang ada di sekitar irigasi, tentunya akan berdampak pada peningkatan hasil panen yang akan menjadi pendukung terwujudnya ketahanan pangan.

Dansatgas juga mengapresiasi semangat yang ditunjukan oleh anggota Satgas bersama warga dalam bergotong royong membangun desa. “Semangat gotong-royong, menjadi warisan leluhur yang patut dipelihara mengingat dengan kebersamaan semua program pembangunan yang dicanangkan baik oleh pemerintah maupun swadaya masyarakat jika dikerjakan secara bergotong royong, maka semua kegiatan akan lebih mudah serta lebih cepat dalam pelaksanaanya,” tandasnya.

Baca Juga  Pemprov NTB Dukung Festival Moyo Jadi Event Nasional

Dalam kesempatan itu, Dandim kembali menekankan agar setiap kegiatan yang dilaksanakan tetap menjaga faktor keamanan dan selalu menerapkan protokol kesehatan. “Selalu berhati-hati dalam setiap melaksanakan kegiatan, utamakan faktor keamanan dan keselamatan. Yang tidak kalah pentingnya juga yaitu tetap patuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M dikarenakan kita masih dalam situasi Pandemi Covid-19,” tutup Dansatgas. (SR)

iklan bapenda