Sekolah Guru Indonesia (SGI) Hadir di KSB

oleh -12 views
bankntb

Oleh: Hasruliza,S.Pdm (Ketua SGI Kabupaten Sumbawa Barat)

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (22/9/2020)

Alumni SGI angkatan 25 Sekolah Guru Indonesia (SGI) kini telah melebarkan sayapnya dalam dunia pendidikan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) atas support dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan KSB yang mengapresiasi kegiatan ini. SGI di KSB memulai kiprahnya sejak tahun 2017. Fokus program SGI adalah peningkatkan kompetensi guru sekolah dasar yang dilaksanakan dalam kurun waktu kurang lebih 3 bulan yang disebut “SGI of Master Teacher”. Seluruh kegiatannya dibiayai penuh oleh Dompet Dhuafa. Hingga saat ini program SGI tersebut telah mencetak sekitar 60 orang guru alumni SGI of Master Teacher di KSB yang terdiri dari 3 angkatan yaitu Angkatan 25, 33 dan 41, ungkap Ketua SGI KSB, Hasruliza S.Pd.

Di akhir program, para peserta SGI-MT dari angkatan 41 menyapa guru-guru hebat Sekolah Dasar yang berada di KSB dengan kegiatan Roadshow Guru Pemimpin (RGP). Sesuai dengan motto KSB yaitu ikhlas, jujur, dan sungguh-sungguh (IJS), para guru hebat  ini telah melaksanakan kegiatan RGP dengan antusias membagi ilmu yang mereka dapatkan semasa perkuliahan. Kegiatan yang dilaksanakan di masa pandemic (Covid-19) tersebut tentunya memiliki tantangan tersendiri bagi para peserta. Dimulai dari sekolah-sekolah yang jauh dari pusat Kota KSB, peserta RGP mengunjungi SDN 2 Kertasari, SDN Parjuk, SDN 3 Sekongkang, SDN Hijrah dan SDN 3 Seteluk. Kegiatan ini disambut antusias oleh  kepala sekolah setempat. Mereka sangat mendukung kegiatan yang menyangkut peningkatan kompetensi guru yang dilaksanakan SGI. Hal yang patut diapresiasi oleh kita semua adalah semangat berbagi yang tumbuh dalam diri guru-guru hebat KSB, yang mungkin sebelumnya belum mampu dan kurang percaya diri untuk tampil berbagi. Bukan tanpa alasan, kegiatan ini dilaksanakan demi mencetak guru yang kompeten dalam bidangnya. Seorang guru disadari harus hadir tampil terdepan untuk mendahului semua lapisan masyarakat sebagai pemimpin dan penggerak bangsa. SGI sepenuhnya menyadari jika keberhasilan sebuah bangsa sama dengan keberhasilan seorang guru dalam mendidik.

Baca Juga  Awardee Gelar Kuliah Umum, Wagub Paparkan Penanganan Covid di NTB

Dalam program umumnya selain SGI-MT, program SGI juga menyentuh mulai dari kebutuhan peserta didik, karakter dan gaya belajar mereka, meningkatkan kompetensi guru baik dalam kompetensi kepribadian, pedagogik, sosial dan profesionalisme serta ke stakeholder-nya dalam hal ini para orang tua peserta didik tentang bagaimana menyikapi anak pada usia tertentu dengan program parenting dan motivasi. Program yang menarik ini diharapkan terus mendapat dukungan dari pemerintah setempat demi mencetak guru-guru hebat lainnya memotifasi dan mendukung guru-guru KSB untuk mengikuti kegiatan pada Sekolah Guru Indonesia seperti yang telah dilaksanakan sebelumnya

Penulis sebagai pengelola SGI KSB ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah KSB terutama kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan pengurus organisasi PGRI KSB yang telah memberi kepercayaan penuh kepada guru-guru hebat KSB yang mengikuti Program SGI-MT untuk terus berbagi, sehingga KSB di nobatkan sebagai  Kabupaten Pertama yang memberi peluang kepada SGI untuk menebarkan ilmu bermanfaat demi pendidikan daerah. (*)

 

iklan bapenda