Menghadapi Smelter, Disnakertrans KSB Siapkan Tenaga Kerja Terampil

oleh -11 views
bankntb

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (21/9/2020)

Sejak Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ditetapkan menjadi kabupaten industry, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat berupaya untuk menyiapkan tenaga kerja lokal. Salah satunya dengan melaksanakan pelatihan tenaga kerja terampil sesuai dengan kebutuhan perusahaan nantinya.

amdal

Ditemui samawarea.com belum lama ini, Kepala Bidang Industri dan Perlindungan Ketenagakerjaan Disnakertrans KSB, Tohiruddin mengatakan, untuk menghadapi smelter dan industri turunannya, pihaknya akan menyiapkan tenaga kerja lokal yang terampil sesuai kebutuhan perusahaan. Karena keterbatasan anggaran di dinas, pihaknya telah membangun komunikasi dengan pihak perusahaan awal tahun 2020 lalu untuk melaksanakan kerjasama pelatihan tenaga kerja terampil. Bentuk kerjasamanya, dinas sebagai pelaksana teknisnya, sedangkan anggarannya ditanggung perusahaan. “Semua berkas sudah kita masukkan ke perusahaan, dan perusahaan sudah setuju. Tapi karena Pandemi Covid 19 semua rencananya berubah yang seharusnya awal tahun sudah kita laksanakan tapi terpaksa harus berubah. Namun dari komunikasi lanjutan perusahaan berkomitmen untuk tetap melaksanakan kegiatan hanya tunggu waktu yang tepat,” ungkapnya.

Ia mengakui KSB telah ditetapkan sebagai daerah industry. Menyambutnya, pihaknya langsung melakukan studi banding ke daerah yang telah memiliki smelter yaitu Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur. Sutdi banding ini untuk menggali informasi bagaimana pelaksanaan smelter dan pengelolaan Ketenagakerjaan lokal sehingga memiliki dasar dalam menghadapi smelter dan perusahaan turunannya di KSB.

Baca Juga  Komisi Informasi NTB Segera Deklarasi Gebyar DBIP

Sementara Head Coorporate and Communication Amman Mineral, Kartika Oktaviana yang dihubungi via Whatsapp, belum memberikan jawaban. (HEN/SR)

iklan bapenda