Perumdam Batu Lanteh Launching “Simalar Mobile”, Cek Tagihan Kini Bisa Dimana Saja   

oleh -21 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (20/9/2020)

Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Batu Lanteh Kabupaten Sumbawa melaunching sistem pembayaran online melalui Aplikasi “Simalar Mobile”, Sabtu (19/9/2020) kemarin. Aplikasi ini merupakan pelayanan yang ditingkatkan dari sistem konvensional kepada sistem digital, guna memberikan kemudahan bagi para pelanggan untuk mengecek besarnya biaya tagihan, menyampaikan tanggapan dan keluhan. Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Perumdam Batu Lanteh ini dihadiri Bupati Sumbawa yang sekaligus melaunching secara resmi aplikasi tersebut. Hadir dalam kesempatan itu, Direktur Utama Perumdam Batu Lanteh, Pimpinan BUMN/BUMD, Camat, Ketua PWI Sumbawa dan sejumlah pelanggan.

iklan bapenda

Bupati Sumbawa yang diwakili Kabag Pembangunan, Usman Yusuf SE dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilaunchingnya sistem pembayaran online melalui Aplikasi Simalar Mobile ini. Ia sangat mengapresiasi terobosan yang dilakukan Perumdam Batulanteh, dan berharap aplikasi ini nantinya dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat sekaligus meminimalisir tunggakan pembayaran bulanan. Sehingga dapat mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Sumbawa. “Saya juga berharap, mudah-mudahan dengan adanya Aplikasi Simalar Mobile ini masyarakat dapat mengetahui segala informasi terkait pelayanan Perumdam Batulanteh, termasuk cek tagihan dan melakukan pembayaran secara online. Ke depan, diharapkan pula agar Perumdam Batulanteh dapat meningkatkan sistem yang dilakukan, terutama memperkuat aplikasi untuk memantau kewajiban para pelanggan, baik yang telah melakukan pembayaran atau yang masih menunggak,” tandasnya.

Baca Juga  Bupati Sumbawa Tekan Jajarannya Sebarkan Informasi via Medsos

Sebagai perusahaan umum daerah, ungkap Bupati, keberadaan Perumdam Batulanteh Kabupaten Sumbawa mempunyai peran ganda. Di satu sisi sebagai institusi yang berorientasi sosial untuk memberikan layanan publik, namun di sisi lain, juga berorientasi ekonomi, yaitu untuk mendapatkan profit atau keuntungan yang bisa mendorong peningkatan PAD. “Saya melihat Perumdam Batulanteh saat ini di bawah kepemimpinan Saudara Juniardi Akhir Putra, ST., S.ST., M.Kom yang sebelumnya berpengalaman sebagai salah satu pengembang aplikasi layanan berbasis online dan aplikasi smartphone PDAM Kabupaten Demak, telah mulai melakukan pembenahan baik internal maupun eksternal, demi meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan Perumdam Batulanteh kepada masyarakat. Insya allah dengan dilaunchingnya sistem ini, akan lebih memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran tagihan. Pembayaran yang selama ini hanya bisa dilakukan di Kantor Perumdam, maka bisa dilakukan di tempat-tempat lain secara online. Hal ini juga tentu dapat memudahkan Perumdam dalam mengelola pencatatan data tagihan pelanggan sekaligus menghindari terjadinya kebocoran keuangan,” ujarnya.

Di bagian lain, Bupati sangat mengharapkan komitmen dan kinerja nyata seluruh sumber daya di lingkungan Perumdam Batulanteh Sumbawa mulai dari pimpinan hingga jajaran staf, sehingga layanan publik yang diberikan dapat ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya. Tentunya semua itu harus dilakukan dengan tetap mengedepankan aturan bisnis yang sehat dengan prinsip-prinsip transparansi, kemandirian, akuntabilitas, bertanggung jawab dan wajar. “Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini secara resmi saya melaunching Sistem Pembayaran Online dan Sistem Informasi Manajemen Pelanggan Air (Simalar Mobile) pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Batulanteh Kabupaten Sumbawa,” tutupnya. (SR)

iklan bapenda