Inilah 6 Desa yang Belum Menuntaskan Pemilihan Anggota BPD

oleh -209 Dilihat
Kasi Tata Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sumbawa, Anhuyas, S.STP., M.Si

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (19/9/2020)

Sampai saat ini masih terdapat 6 desa di Kabupaten Sumbawa yang belum merampungkan pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Yakni Desa Ledang Kecamatan Lenangguar, Desa Brang Kolong dan Desa Prode SP II Kecamatan Plampang, Desa Pulau Kaung dan Desa Buin Baru Kecamatan Buer serta Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, melalui Kasi Tata Pemerintahan Desa, Anhuyas, S.STP, M.Si kepada media ini, mengakui 6 desa belum melakukan pemilihan anggota BPD. “Tahun ini ada 21 desa di Kabupaten Sumbawa yang melaksanakan pemilihan anggota BPD. 15 desa sudah melaksanakan pemilihan dan sudah dilantik camat atas nama bupati,” katanya.

Baca Juga  Kunjungi Lombok Utara, Gubernur Zul Meretas Masalah Warga Pelosok Desa

Pemilihan dan pelantikan anggota BPD ini kata Uchas–sapaan akrabnya, harus sudah tuntas November mendatang. Pasalnya ada pengurus yang masa periodesasinya berakhir pada bulan tersebut. Ia mengakui pemilihan dan pelantikan tersebut agak lama. Ini dapat dimaklumi karena di tengah pandemi Covid-19.

Keenam desa ini lanjutnya, tengah melakukan pembentukan panitia. Setelah itu dilakukan musyawarah untuk menentukan tehnis pemilihan. Apakah dilakukan secara musyawarah mufakat atau dipilih langsung. “Tehnis pemilihannya kita serahkan semuanya kepada panitia. Tapi harus ingat, protocol kesehatan harus tetap diterapkan,” ujar Uchas mengingatkan.

Untuk jumlah anggota yang dipilih lanjutnya, tergantung dari jumlah penduduk. Paling banyak 9 dan paling sedikit 5 orang dalam satu desa. Sama seperti kepala desa, anggota BPD ini memiliki masa jabatan selama 6 tahun. “Kita berharap anggota BPD ini segera dipilih, sebab merupakan salah satu mitra pemerintah desa,” pungkasnya. (SR)

pilkada mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *