47 Sekolah di Sumbawa Ujicoba Tatap Muka, SMPN 1 UI Siapkan Fisik dan Mental

oleh -18 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (19/9/2020)

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa berencana melakukan ujicoba tatap muka new normal untuk jenjang SMP, mulai 21 September mendatang. Ada 47 sekolah yang ditunjuk untuk melakukan ujicoba ini. Salah satunya SMP Negeri 1 Unter Iwes.

amdal

Ditemui belum lama ini, Kepala SMP Negeri 1 Unter Iwes, Drs Tamrin menyatakan siap melaksanakan ujicoba tersebut baik secara fisik maupun mental. Bahkan sekolahnya sudah jauh hari mempersiapkan diri melakukan pemantapan new normal, sebagai upaya mengantisipasi pelaksanaan ujicoba tersebut. Untuk pelaksanaan ujicoba di sekolahnya, Tamrin menegaskan sudah melakukan konsolidasi di tingkat sekolah bersama pengawas pembina. Dalam kondolidasi itu, ia menyampaikan beberapa hal tentang kegiatan yang akan dilakukan, agar pelaksanaan ujicoba nanti berjalan sesuai SOP yang diharapkan.

Untuk protocol kesehatan, sekolahnya sudah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung. Wadah cuci tangan sudah disiapkan di setiap ruangan. Begitu juga dengan handsanitizer, alat pengukur suhu tubuh termasuk masker untuk siswa dan guru. “Untuk pintu masuk, sekarang sudah kita buat dua, supaya tidak ada sentuhan antara siswa saat masuk ke dalam sekolah,” ujarnya.

Mengenai tehnis pelaksanaan ujicoba, sekolahnya menggunakan sistem shif. Tiga hari untuk siswa kelas 7, tiga hari untuk siswa kelas 8 dan tiga hari juga untuk siswa kelas 9. Jam tatap muka hanya selama 40 menit. Jarak antar siswa dalam kelas juga sudah diatur 1 meter. Nantinya di dalam satu kelas hanya diisi oleh 16 siswa. Sekolahnya lanjut dia, sudah melakukan komunikasi dengan orang tua atau wali murid tentang rencana pelaksanaan ujicoba ini. Pihaknya, tidak akan memaksakan ketika ada orang tua wali murid yang tidak mengizinkan anaknya untuk ikut dalam ujicoba tatap muka new normal ini. “Diizinkan syukur, tidak pun tidak masalah. Kami sangat mengerti akan kekhawatiran orang tua,” demikian Tamrin. (SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Hasil Survey My Institute: Anak Muda Versus Orang Tua di Pemilu 2019