Home / Pemerintahan / Respon Cepat Kebijakan Mendikbud, UTS Terapkan Program Kampus Merdeka   

Respon Cepat Kebijakan Mendikbud, UTS Terapkan Program Kampus Merdeka   

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (12/9/2020)

Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) memberikan respon cepat terhadap kebijakan yang dikeluarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Ini dibuktikan dengan dilaunchingnya Kampus Merdeka, 8 September lalu.

Rektor UTS, Chairul Hudaya, Ph.D saat memberikan sambutan pada acara Wisuda UTS ke-5 Tahun Akademik 2019/2020, Sabtu (12/9/2020), mengakuinya. Melalui program tersebut, UTS dan para pemangku kepentingan berkomitmen untuk bersama-sama mengambil peran dalam mencerdaskan putra-putri bangsa. Merdeka Belajar–Kampus Merdeka, merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Melalui kebijakan Kampus Merdeka, ungkapnya, mahasiswa diizinkan mengambil mata kuliah di luar program studi maupun di luar perguruan tinggi. Di UTS, penerapan Kampus Merdeka adalah universitas menawarkan 54 mata kuliah lintas prodi. Universitas telah melakukan perubahan kurikulum memberikan matakuliah wajib guna menghadapi era revolusi industri 4.0 yaitu Keterampilan Dasar Global, Sains Data, Dasar Pemograman dan Perencanaan Keuangan. Kemudian, Program Sertifikasi bagi Calon Wisudawan yang meliputi sertifikasi Bahasa Inggris, Public Speaking dan Keahlian Program Studi. Kegiatan di luar perguruan tinggi yang meliputi magang bersertifikat dan proyek di desa (Program Merdeka–Membangun Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat) selama 1 semester. Berikutnya, Prestasi mahasiswa yang direkognisi dengan mata kuliah. “Melalui Kampus Merdeka ini kami harapkan mahasiswa-mahasiswa UTS mampu menjadi manusia yang unggul dan kompetitif dalam memasuki dunia pasca kampus,” tandas Bang Irul—sapaan Rektor muda ini.

Sebelumnya Bupati Sumbawa melalui Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ir. H. Zulkifli menyambut baik agenda Kampus Merdeka UTS ini. Menurutnya, peningkatan kualitas SDM memang membutuhkan inovasi dan kerjasama dari berbagai pihak. Salah satu program yang digagas UTS ini tentunya patut didukung. “Inovasi bidang pendidikan di tengah pandemi seperti saat ini patut diapresiasi,” ujarnya. (JEN/SR)

 

Lihat Juga

Ketua TP PKK NTB Puji KSB Mampu Tekan Laju Kasus Positif Covid

SUMBAWA BARAT, samawarea.com (22/9/2020) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menjadi lokasi terakhir yang dikunjungi Ketua TP. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *