Bentuk Bale Mediasi, Mo—Novi Juga Wujudkan Desa Berbenah dan Ramah Difabel

oleh -5 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (11/9/2020)

Mewujudkan masyarakat yang beriman, berkarakter, terlaksananya ketentraman dan ketertiban umum melalui penegakan hukum yang berkeadilan menjadi salah satu misi dari Pasangan Bakal Calon Bupati dan  Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah—Dewi Noviany S.Pd., M.Pd. Misi poasangan yang populer disebut Mo—Novi itu dikemas dalam agenda kerjanya bertajuk “Sumbawa Aman dan Berbudaya”.

amdal

Bakal Calon Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany S.Pd., M.Pd kepada media ini mengatakan jika Mo—Novi ditakdirkan memimpin Sumbawa untuk melanjutkan pemerintahan Husni—Mo, Sumbawa Aman dan Berbudaya ini akan dikonkritkan dengan mendirikan Bale Mediasi. Hal ini sejalan dengan program Pemerintah Provinsi NTB. Bale Mediasi merupakan lembaga yang melaksanakan fungsi pembinaan dan koordinasi dalam pelaksanaan mediasi di masyarakat sesuai dengan kearifan lokal. Penyelesaian sengketa berdasarkan kearifan lokal dalam bentuk musyawarah mufakat merupakan bagian dari tatanan perilaku yang hidup dan berkembang dalam masyarakat di Nusa Tenggara Barat terutama Sumbawa yang menjamin kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat. Penyelesaian sengketa melalui kearifan lokal dalam bentuk mediasi sebagai salah satu alternatif penyelesaian sengketa di luar pengadilan.

Agenda kerja lainnya adalah Desa Berbenah sebagai upaya untuk mewujudkan semua desa di wilayah Kabupaten Sumbawa menjadi desa yang bersih, bebas dari narkoba dan sampah. Ini sejalan dengan program yang digalakkan Kapolda dan Gubernur NTB yakni Kampung Sehat. Selanjutnya menjadikan Sumbawa sebagai Kabupaten Ramah Difabel, di antaranya melakukan penguatan organisasi penyandang disabilitas. Mo—Novi akan memberikan dukungan terkait apa yang dibutuhkan penyandang disabilitas, karena berdasarkan undang-undang para penyandang disabilitas harus diberikan perlakuan khusus. Selain itu memberikan ruang bagi penyandang disabilitas untuk masuk ke dunia kerja dengan menyiapkan mereka agar memiliki kompetensi sesuai bakat dan minatnya. Mendukung program Gubernur NTB yang diadopsi IISBUD Sarea yaitu memberikan kesempatan kuliah bagi penyandang disabilitas melalui beasiswa “Pedi Samawa” sebagai upaya dalam memenuhi hak mereka sebagai anak bangsa.

Baca Juga  Suasana Haru Warnai Perpisahan JM-Arasy

Masih dalam agenda kerja “Sumbawa Aman dan Berbudaya”, Mo—Novi akan menjadikan Sumbawa zero kekerasan dan perdagangan orang terhadap perempuan dan anak, memberikan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM). Kemudian penguatan Pusat Peradaban Samawa (Masjid Agung, Istana Bala Putih dan Istana Dalam Loka), serta penguatan Desa Berbudaya dan Inovatif melalui optimalisasi produk lokal. (SR/Advertorial)

 

iklan bapenda