Tak Hanya Pulsa, ini Sekolah yang Bagi HP untuk Siswanya

oleh -3 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (9/9/2020)

Ini sekolah yang cukup berani. Tidak hanya membagikan pulsa internet untuk kelangsungan belajar dari rumah (BDR) selama masa pandemic, tapi sekolah tersebut tak tanggung-tanggung memberikan Handphone (HP) android kepada siswanya. Sekolah yang luar biasa ini adalah SMP Negeri 3 Moyo Hilir. Tercatat ada 12 HP Android yang disiapkan sekolah. HP tersebut boleh dibawa pulang oleh siswa untuk belajar.

amdal

Ini diakui Kepala SMP Negeri 3 Moyo Hilir, Surya Wirawan S.Pd, yang ditemui media ini di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, belum lama ini. Menurutnya, HP itu dibagikan lengkap dengan paket internetnya untuk siswa kelas 7, 8 dan 9. Namun HP itu bukan diberikan kepada setiap siswa tapi per kelompok atau disesuaikan dengan wilayah tempat tinggal siswa. “HP ini hanya diberikan kepada siswa yang tidak memiliki HP,” imbuhnya.

Disebutkan Surya,ada tiga desa yang berada di wilayah sekolahnya. Yakni Desa Ngeru, Olat Rawa dan Labuhan Ijuk. Untuk Desa Ngeru diberikan 3 HP untuk tiga kelompok siswa. Desa Olat Rawa 7 HP dan Labuhan Ijuk 5 HP. HP ini digunakan para siswa untuk belajar dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan gurunya. “Untuk pulsa internetnya, setiap bulan kita isikan. Anggarannya kita ambil dari dana BOS. Kalau HP nya kita sediakan dari bantuan BOS Afirmasi atas prestasi SMPN 3 Moyo Hilir, mendapat peringkat 6 nilai UNBK tahun 2018 lalu,” terangnya.

Baca Juga  Project Sains Mahasiswa UTS Lolos di Tingkat ASEAN

Untuk memastikan kelancaran BDR ini lanjut Surya, sekolahnya mengatur jadwal piket guru guna melakukan kunjungan dan evaluasi. Secara umum kata dia, proses BDR di sekolahnya berjalan efektif. Meski demikian, ia mengakui ada beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Dan ini akan terus menjadi bahan evaluasi. “Alhamdulillah, kebijakan kita memberikan HP dan pulsa internet selama BDR ini, mendapat dukungan penuh dari komite dan kepala desa. Efektifnya proses BDR ini juga berkat kerjasama dan dukungan teman-teman guru,” demikian Surya Wirawan. (SR)

 

iklan bapenda