Tinggi Atensi Publik Terhadap Program Unggulan dan Strategis NTB

oleh -2 views
bankntb

MATARAM, samawarea.com (9/9/2020)

Atensi masyarakat terhadap program unggulan dan program strategis Pemprov NTB tetap tinggi. Hal ini bisa terlihat dari engagement atau komunikasi interaksional para netizen terhadap pemberitaan program unggulan dan program strategis yang tersebar di media sosial dan media online.

Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi NTB Najamuddin Amy, S.Sos, MM mengatakan, tingginya perhatian publik terhadap program-program Pemprov NTB terlihat dari hasil analisis engagement program unggulan dan strategis Pemprov NTB yang dilakukan oleh PRCC Biro Humas dan Protokol Provinsi NTB  dari tanggal 29 Agustus – 4 September 2020. “Agar terlihat jelas program unggulan dan strategis mana yang paling mendapatkan perhatian dari netizen, baik like, share, maupun comment, maka dilakukan analisis terhadap seluruh program unggulan dan strategis NTB Gemilang dengan mengukur engagement dari setiap program unggulan dan strategis,” kata Najamuddin Amy, Rabu 9 September 2020.

Ia mencontohkan, program unggulan Beasiswa NTB dengan hastag #1000Cendikia dan #BeasiswaNTB mendapatkan engagement sebanyak 1.110. Ada pula program Desa Wisata dengan hastag #99DesaWisata mendapatkan engagement sebanyak 11.523. Program industrialisasi pada pekan kemarin mendapatkan engagement sebanyak 2.434, program NTB Hijau atau Zero Waste dengan 3.780 engagement, program Revitalisasi Posyandu dengan 328 engagement dan beberapa program unggulan lainnya. “Total engagement untuk program unggulan selama periode 29 Agustus – 4 September 2020 sebanyak 19.524 yang tersebar di media online dan media sosial facebook, instagram dan twitter” kata Bang Najam.

Baca Juga  Bupati KSB: Layanan Kewarganegaraan Penting Diketahui Masyarakat

Ia melanjutkan, secara masif, informasi program unggulan telah dipublikasi sejak program ini dijalankan melalui media online dan media sosial. Secara rinci, netizen paling banyak memperbincangkan program unggulan Pemprov NTB di platform media sosial instagram dengan jumlah 10.398 di periode 29 Agustus – 4 September 2020. Sementara di facebook, perbincangan program unggulan NTB sebanyak 6.400 engagement, twitter 47 engagement serta di media online 2.139 engagement. Pada minggu ini reaksi masyarakat terhadap program unggulan tertinggi pada platform sosial media instagram. Terlihat di data, postingan yang paling menyedot perhatian netizen adalah adalah postingan Inside Lombok tentang  Air Terjun Tiu Lawean.  Postingan tersebut menggambarkan tentang sebuah destinasi wista di Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara. Postingan ini mendapatkan engangement sebesar 10.425 kali.

Selain program unggulan dan program strategis, ditelusuri juga jumlah engagement Misi Pemprov NTB dengan pengambilan data analisis di facebook. Hasilnya adalah misi #NTBSejahteraDanMandiri  pada periode 29 Agustus–4 September 2020 merupakan misi yang paling banyak mendapatkan engagement dari netizen yaitu sebanyak 6.789. Dibandingkan padaminggu lalu misi #NTBAsriDanLestari menjadi misi yang paling banyak mendapatkan engangement. “Gubernur dan Wakil Gubernur NTB bersama seluruh jajaran Pemprov tetap berkomitmen untuk melaksanakan program unggulan dan program strategis dengan sungguh-sungguh. Karena kesungguhan itulah, publik juga meresponnya dengan baik. Itu terlihat dari data-data analisis,” tutupnya. (SR)

iklan bapenda