PENTINGNYA MENJAGA KEBERSIHAN DI SAAT PENDEMI COVID-19!

oleh -14 views
bankntb

Oleh: Ayu Hanggara Kusumawati (Mahasiswa Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Malang)

Seperti yang kita ketahui, virus corona atau yang biasa disebut sebagai COVID-19 ini merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernafasan Akut Berat/ Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Gejala-gejala COVID-19 yang paling umum adalah demam, batuk kering, dan rasa lelah. Gejala lainnya yang lebih jarang dan mungkin dialami beberapa pasien meliputi rasa nyeri dan sakit, hidung tersumbat, sakitk kepala, konjungtivitis, sakit tenggorokan, diare, kehilangan indera rasa atau penciuman, ruam pada kulit, atau perubahan warna jari tangan atau kaki.

Orang dapat tertular COVID-19 dari orang lain yang terinfeksi virus ini. COVID-19 dapat menyebar terutama dari orang ke orang melalui percikan-percikan dari hidung atau mulut yang keluar saat orang yang terinfeksi COVID-19 batuk, bersin atau berbicara. Percikan-percikan ini relative berat, perjalanannya tidak jauh dan jatuh ketanah dengan cepat. Orang dapat terinfeksi COVID-19 jika menghirup percikan orang yang terinfeksi virus ini. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain. Percikan-percikan ini dapat menempel di benda dan permukaan lainnya di sekitar orang seperti meja, gagang pintu, dan pegangan tangan. Orang dapat terinfeksi dengan menyentuh benda atau permukaan tersebut, kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut mereka. Inilah sebabnya penting untuk mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air bersih mengalir, atau membersihkannya dengan cairan antiseptic berbahan dasar alkohol. WHO terus mengkaji perkembangan penelitian tentang cara penyebaran COVID-19 dan akan menyampaikan temuan-temuan terbaru.

Baca Juga  Semarak Hari Guru, OSIS SMAN 1 Plampang Gelar Beragam Lomba

Apakah ada hubungan antara COVID-19 dan hewan?

COVID-19 ditularkan dari manusia ke manusia. Kita sudah banyak mengetahui tentang virus lain dalam keluarga corona virus dan sebagian besar jenis virus ini berasal dari hewan. Virus COVID-19 (disebut juga SARS-CoV-2) adalah virus barupa damanusia. Kemungkinan hewan sumber COVID-19 saat ini belum dipastikan tetapi penelitian sedang berlangsung. WHO terus memantau penelitian terbaru tentang ini dan topik COVID-19 lainnya serta akan memberikan pemutakhiran jika temuan baru tersedia.

Apakah saya dapat tertular COVID-19 dari hewan peliharaan saya?

Beberapa anjing dan kucing (kucing rumah tangga dan harimau) yang berkontak dengan manusia yang terinfeksi dinyatakan positif COVID-19. Selain itu, musang juga rentan terhadap infeksi. Dalam eksperimen, kucing dan musang dapat menularkan infeksi ke hewan lain dari spesies yang sama, tetapi tidak ada bukti bahwa hewan-hewan ini dapat menularkan penyakit kemanusia dan berperan dalam menyebarkan COVID-19. Orang yang sakit COVID-19 dan orang-orang yang berisiko direkomendasikan untuk membatasi kontak dengan hewan pendamping dan hewan-hewan lain. Saat menangani dan merawat hewan, langkah-langkah kebersihan dasar harus selalu dilaksanakan termasuk mencuci tangan setelah memegang hewan, makanan, atau persediaan mereka, serta menghindari mencium, menjilat, atau berbagi makanan.

Berapa lama virus dapat  bertahan di permukaan benda?

Hal yang paling penting untuk diketahui tentang coronavirus pada permukaan benda adalah bahwa coronavirus mudah dibersihkan menggunakan disinfektan rumah tangga biasa yang dapat membunuh virus tersebut. Penelitian telah menunjukkan bahwa virus COVID-19 dapat bertahan hingga 72 jam pada plastic dan stainless steel, kurang dari 4 jam pada tembaga, dan kurang dari 24 jam pada karton.

Baca Juga  Catatan Kritis Awal Tahun: Reformasi Birokrasi VS Fragmentasi Birokrasi

Karena itu kita harus menjaga kebersihan seperti :

  1. Mencuci Tangan
  2. Siap Sedia Hand Sanitizer
  3. Jangan Sentuh Wajah
  4. Konsumsi Makanan Bergizi
  5. Jaga Kebersihan Lingkungan
  6. Bawa Alat Makan Sendiri

Ketika berada di tempat umum juga kita Tidak boleh melakukan kontak fisik secara langsung dengan orang lain, melakukan Social distancing (menjaga jarak 1m), Menghindari transportasi umum, tetap menggunakan masker saat bepergian, dan Membersihkan meja saat akan duduk di restoran. (*)

iklan bapenda