PDIP Resmi Usung Husni—Ikhsan, Partai Koalisi Masih Teka-teki

oleh -14 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (2/9/2020)

SK Dukungan PDIP untuk Pilkada Sumbawa akhirnya terjawab. PDIP kembali mengusung HM Husni Djibril B.Sc sebagai Calon Bupati Sumbawa periode 2021—2024. Dalam pengumuman rekomendasi calon kepala daerah dari PDIP yang dibacakan Ketua DPP Bidang Politik PDIP, Puan Maharani kepala daerah gelombang kelima dalam rapat secara virtual yang yang dipimpin Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto, Rabu (2/9), Haji Husni yang kini masih menjabat sebagai Bupati Sumbawa, berpasangan dengan Dr. HM Ikhsan M.Pd yang juga masih aktif sebagai PNS dan menjabat Asisten 1 Sekda Sumbawa. Dalam pengumuman itu, pasangan Husni—Ikhsan berada di urutan 14 dari 21 calon kepala daerah berbagai kabupaten/kota di Indonesia.

amdal

Pasangan Husni—Ikhsan adalah pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang muncul terakhir meski gaungnya sudah lama. Ini akibat kemelut politik terkait pencalonan di PDIP untuk Pilkada Sumbawa cukup alot. Bahkan HM Husni secara terang-terangan pernah berucap tidak lagi maju. Bahkan saat itu Haji Husni tidak bersedia mengikuti fit and propert test di Partai Demokrat yang sebenarnya berpeluang besar mendukung politisi PDIP tersebut. Karena ketidakjelasan inilah, Demokrat akhirnya mendukung pasangan Nur-Salam (Nurdin Ranggabarani—Burhanuddin Jafar Salam).

Sejauh ini, semua partai yang memiliki kursi di DPRD sudah merapat di pasangan calon lain. Seperti Mo—Novi sudah mengantongi SK PKS, PKB, Nasdem, Golkar dan Berkarya. Nur Salam mendapat SK PPP dan Demokrat. Dan Jarot—Mokhlis, Gerindra, Hanura, PKPI dan PAN. Namun informasinya, masih ada partai yang sampai sekarang belum secara formal mengumumkan SK dukungannya. Ada juga yang sudah menyerahkan SK, namun belum menerbitkan B.1-KWK—dokumen yang menjadi persyaratan untuk diajukan saat pendaftaran di KPU. Apakah partai ini berbalik arah merapat ke PDIP ? jika tidak, Husni—Ikhsan bakal gagal maju. Sebaliknya, salah satu dari partai itu merapat ke PDIP, maka ada 5 pasangan calon yang siap berkompetisi di suksesi Pilkada Sumbawa, 9 Desember 2020 mendatang. (JEN/SR)

 

iklan bapenda
Baca Juga  Minim Sosialisasi Program BPJS di Daerah Terpencil