Cegah Karhutlah, Shabara Polres Sumbawa Patroli di Hutan

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (2/9/2020)

Polres Sumbawa melaksanakan patroli di hutan jati wilayah Kecamatan Batu Lanteh Kabupaten Sumbawa. Patroli ini dilakukan untuk mencegah kebakaran hutan, mengingat musim kemarau yang berkepanjangan membuat lingkungan menjadi gersang, ranting dan daun pohon yang sudah mengering ditambah tiupan angin yang kencang.

amdal

Satuan Sabhara Polres Sumbawa yang dipimpin Kasatnya, IPTU Mulyadi SH menyusuri hutan guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) di wilayah tersebut. Sebagaimana diketahui di wilayah Kecamatan Batu Lanteh merupakan sumber mata air yang dimanfaatkan masyarakat di desa maupun Kota Sumbawa.

Kapolres Sumbawa AKBP Widy Saputra SIK melalui Kasubbag Humas, IPTU Sumardi, S.Sos, mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 dan memasuki era kebiasaan baru, jajaran kepolisian tidak hanya focus pada penerapan protocol kesehatan, tapi juga situasi Kamtibmas dan pencegahan Karhutlah. Namun Ia berharap upaya ini mendapat dukungan masyarakat. Karena itu Polres Sumbawa gencar melakukan  sosialisasi baik melalui media massa hingga turun langsung. Meski demikian, kebakaran tak dapat dihindari namun bisa diminimalisir dengan peran semua semua pihak. Lebih jauh dijelaskan, bahwa kebakaran hutan disebabkan beberapa faktor. Di antaranya, kebiasaan masyarakat yang tidak bertanggung jawab membuang puntung rokok sembarangan di kawasan hutan, membuka kawasan hutan, dan cuaca yang sangat panas disertai angin yang kencang. “Ini tugas dan tanggung jawab kita bersama,” pungkasnya. (SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Miliki Puluhan Poket Shabu, Guru Honorer Dicokok Polisi