Terpapar Covid, Warga Nijang dan Batu Tering Meninggal Dunia

oleh -2 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (31/8/2020)

Innalillahi wainnainalihi rooji’un. Dua warga Kabupaten Sumbawa yang mengidap virus corona atau positif covid, meninggal dunia. Keduanya adalah Pasien nomor 2587, an. S, perempuan, usia 52 tahun, warga Desa Nijang, Kecamatan Unter Iwes dan Pasien nomor 2766, an. S, perempuan, usia 58 tahun, warga Desa Batu Tering, Kecamatan Moyo Hulu. Khabar duka ini disampaikan Sekretaris Daerah selaku Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Provinsi Nusa Tenggara Barat, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si dalam keterangan persnya yang dirilis, Senin (31/8/2020) malam ini.

amdal

Kedua pasien ini ungkap Sekda Gita Ariadi, memiliki penyakit komorbid atau penyakit penyerta. Komorbid ini semakin memperparah kondisi pasien yang terpapar Covid-19. Pasien covid yang meninggal ini akan dimakamkan sesuai standar protocol covid. “Ada tiga pasien covid yang meninggal dunia, selain dua orang dari Sumbawa, satunya lagi adalah pasien nomor 1208, atas nama Ny. N, perempuan, usia 63 tahun, penduduk Kelurahan Rembiga, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram,” sebutnya.

Selain dua warga Sumbawa yang meninggal dunia, lanjut Sekda Gita, ada dua orang warga Sumbawa lainnya yang positif Covid. Yaitu Pasien nomor 2765, an. DP, perempuan, usia 32 tahun, penduduk Desa Uma Beringin, Kecamatan Unter Iwes. Riwayat kontak dengan orang sakit Covid-19 belum teridentifikasi. Saat ini dirawat di Ruang Isolasi RSUD H.L. Manambai Abdulkadir. Kemudian Pasien nomor 2766, an. S, perempuan, usia 58 tahun, penduduk Desa Batu Tering, Kecamatan Moyo Hulu, yang meninggal dunia. Dua pasien positif ini bagian dari 16 kasus baru positif covid malam ini. Hal tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan 152 sampel di Laboratorium PCR RSUD Provinsi NTB, Laboratorium PCR RS Unram, Laboratorium PCR Genetik Sumbawa Technopark, Laboratorium PCR RSUD Dr. R. Soedjono Selong, Laboratorium PCR RSUD Kota Mataram, dan Laboratorium TCM RSUD Provinsi NTB, Laboratorium TCM RS.H.L Manambai Abdulkadir, dan Laboratorium TCM RSUD Praya.

Baca Juga  Puskesmas Brang Biji Juara Lomba Dance Kreasi Cuci Tangan

Namun demikian kabar baiknya pada hari ini ada 28 pasien positif Covid yang dinyatakan sembuh dan selesai menjalani isolasi. Dari 28 orang ini, tercatat 4 orang warga Sumbawa. Yaitu Pasien nomor 2545, an. WAW, laki-laki, usia 23 tahun, penduduk Kelurahan Brang Biji Kecamatan Sumbawa. Pasien nomor 2547, an. HR, laki-laki, usia 23 tahun, warga Kelurahan Brang Biji Kecamatan Sumbawa. Pasien nomor 2548, an. N, perempuan, usia 51 tahun, warga Kelurahan Samapuin, Kecamatan Sumbawa. Pasien nomor 2560, an. N, perempuan, usia 64 tahun, penduduk Kelurahan Uma Sima Kecamatan Sumbawa.

Dengan adanya tambahan 16 kasus baru terkonfirmasi positif, 28 tambahan sembuh baru dan 3 kasus kematian baru, maka jumlah pasien positif Covid-19 di Provinsi NTB sampai hari ini (31/8/2020) sebanyak 2.771 orang. Rinciannya 2.077 orang sudah sembuh, 162 meninggal dunia, serta 532 orang masih positif. Untuk mencegah penularan dan deteksi dini penularan Covid-19, petugas kesehatan tetap melakukan Contact Tracing terhadap semua orang yang pernah kontak dengan yang terkonfirmasi positif. Diharapkan juga kepada petugas kesehatan di kabupaten/kota melakukan identifikasi epicentrum penularan setempat Covid-19 untuk dilakukan tindakan pencegahan dan pengendalian penyebaran virus Covid-19. “Upaya penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 membutuhkan kerja sama dan kolaborasi seluruh elemen masyarakat. Dalam era nurut tantanan baru ini, mematuhi protokol kesehatan dalam seluruh aktivitas ekonomi dan sosial kemasyarakatan adalah cara paling tepat dan efektif untuk menghidari penularan wabah ini. Tetap gunakan masker, jaga jarak (physical distancing), terapkan pola hidup bersih dan sehat, berolahraga, makan makanan yang bergizi serta hindari stress yang berlebihan,” ujarnya mengingatkan. (SR)

 

iklan bapenda