PUPR Sumbawa Normalisasi 20 Sungai

oleh -228 Dilihat

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS PUPR KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (31/8/2020)

Sebanyak 20 sungai di wilayah Kabupaten Sumbawa dibenahi pada Tahun 2020 ini. Dengan anggaran APBD Sumbawa Tahun 2020 sebesar Rp 2,4 miliar lebih, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sumbawa melaksanakan kegiatan normalisasi saluran sungai. Proyek ini sebagai tindaklanjut atau realisasi hasil Musrenbang dan penyerapan aspirasi masyarakat melalui kegiatan Reses Anggota DPRD Sumbawa.

Kadis PUPR Sumbawa yang dikonfirmasi melalui Kabid Jakon yang juga PPK SDA, Seri Jayadi ST, belum lama ini, mengatakan, kegiatan normalisasi ini dilakukan karena sudah banyak sungai di wilayah Sumbawa yang mengalami penyempitan dan pengdangkalan. Hal ini menjadi salah satu penyebab meluapnya air banjir ke pemukiman warga. Karena itu untuk meminimalisir dampak dari bencana tersebut, sangat mendesak untuk dilakukan normalisasi sungai guna mengembalikan bentuk sungai sesuai dengan peruntukannya. Berdasarkan daftar kegiatan Dinas PUPR Sumbawa, ungkap Seri Jayadi, tercatat 20 titik sungai yang dinormalisasikan. Semua pekerjaan di titik-titik ini tidak ada yang dipangkas meski telah dilakukan normalisasi anggaran sebagai dampak dari pandemic covid. “Semua bisa dikerjakan pada tahun ini,” ujar Seri Jayadi.

Baca Juga  Lahirkan Jiwa Kewirausahaan, Mahasiswa UNSA Studi Lapangan

Adapun sungai-sungai yang dinormalisasikan ini sebutnya, adalah Sungai Dusun Gapit Desa Gapit Kecamatan Empang, Sungai Brang Putat Dusun Lenangguar, Desa dan Kecamatan Lenangguar, dan Sungai Desa Bantu Lanteh Kecamatan Tarano. Kemudian, Sungai Desa Langam Kecamatan Lopok, Sungai Moyo Hilir RW 001 Desa Moyo Mekar Kecamatan Moyo Hilir, Sungai Tiu Kopang Desa Tatebal Kecamatan Lenangguar, Sungai Sumbawa Kecamatan Sumbawa, dan Sungai Dusun Kuris Desa Labuan Kuris Kecamatan Lape.

Berikutnya, Sungai Jompong Muer Kecamatan Plampang, Sungai Desa Juran Alas Kecamatan Alas, Sungai Brang Rea Desa Dalam Kecamatan Alas, Sungai Desa Buin Baru Kecamatan Buer, Sungai Desa Luar Kecamatan Alas, Sungai Desa Gontar Kecamatan Alas Barat dan Sungai Desa Perung Dusun Sumbersari Kecamatan Lunyuk. Selanjutnya, normalisasi Sungai Desa Rhee Kecamatan Rhee, Sungai Desa Rhee Loka Kecamatan Rhee, Sungai Desa Tarusa, Sungai Dusun Pamulung Desa Karang Dima Kecamatan Badas dan normalisasi Sungai Sering Atas Desa Kerato Kecamatan Unter Iwis. (JEN/SR)

 

pilkada mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *