Peduli Lingkungan, FM2P Bersih-bersih Pantai di Pulau Sentigi

oleh -10 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (31/8/2020)

Pemuda Pamunga yang tergabung dalam Forum Muda Mudi Pamunga (FM2P) Desa Usar Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa, NTB, menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Ini terlihat dari puluhan pemuda bergerak ke pantai di Pulau Sentigi—pulau mungil yang terletak di Desa Teluk Santong Kecamatan Plampang, Minggu (30/8/2020). Selain Berwisata, para muda mudi ini melakukan kegiatan bersih-bersih pantai baik dari sampah organik maupun non organic agar tidak mencemari laut dan tidak mengganggu mata pengunjung. “Ini awal untuk merangkul pemuda pemudi agar bersatu mewujudkan pantai yang bersih dan asri,” kata Joni Haryono yang didampingi Pembina Forum, Satria Effendi.

Ono—sapaan akrabnya menjelaskan, sampah di Pantai Sentigi ini dibuang oleh masyarakat, dibiarkan bertumpuk sehingga merusak pemandangan. Apalagi Pulau Sentigi dikenal sebagai salah satu lokasi wisata alam di Kecamatan Plampang yang paling banyak dikunjungi wisatawan. “Tingkat kesadaran masyarakat terkait sampah masih sangat kurang, ditambah lagi belum adanya regulasi yang mengatur tentang pemeliharaan lingkungan. Sehingga kami dari pemuda-pemudi mendapat gagasan dari Ketua Umum Pecinta Alam Plampang (PETANG) Boerhanuddin, salah satu komunitas yang suda lama berkiprah memberikan edukasi positif bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan,” katanya.

Ia berharap kebiasaan bersih-bersih seperti ini dapat terus berkesinambungan dan menjadi kebiasaan sehingga kian terpatri rasa kepedulian para pemuda terhadap lingkungan. “Ini aksi dan bukti nyata kami para pemuda terhadap negeri,” cetusnya. (BUR/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Usaha Sarang Burung Walet Marak, Dinas PMPTSP Siapkan Regulasi