Lomba Game Penutup Semarak HUT RI di PUPINKA

oleh -3 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (25/8/2020)

Semarak HUT Kemerdekaan RI di bantaran sungai Kelurahan Bugis Kecamatan Sumbawa, berakhir. Berbagai lomba yang digelar Pustaka Pinggir Kali (Pupinka) telah selesai dilaksanakan. Meski dilaksanakan setiap tahun tepat di momen HUT RI, tapi pada tahun ini ada sedikit berbeda. Selain digelar upacara peringatan HUT RI di dalam sungai, juga dilaksanakan Lomba Game atau biasa disebut Esport. Dalam lomba yang diikuti hampir 50 tim ini, Pupinka bekerja sama dengan Pengurus Daerah (Pengda) Esport Sumbawa yang didukung PT Djarum, RS Surya Medika dan Semaras Sia. Berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan ini ditandai dengan malam puncak yang cukup meriah.

amdal

Ketua PUPINKA, Julyadi mengatakan, berbagai tetap dilakukan bukan hanya di HUT RI tapi juga momen-momen hari besar lainnya seperti Sumpah Pemuda, Ramadhan, dan HUT Kabupaten Sumbawa. Meski berlangsung secara sederhana dengan lokasi di pinggir dan dalam sungai, Yadi mengaku tetap konsisten menggelar kegiatan. Ini dilakukan agar kreatifitas tidak stagnan namun terus diasah untuk kepentingan yang positif. Selain itu memberikan pesan kepada para pemangku kepentingan terhadap kondisi sungai “Pupinka” yang memperihatinkan. Pasalnya tidak ada talud atau bronjong pengaman tebing sehingga dikhawatirkan mengancam keberadaan Pupinka dan pemukiman penduduk. Karena setiap musim penghujan tebing terkikis dan ambrol. “Kampung kami berada di tengah kota, tapi terkesan kumuh karena tidak adanya intervensi pemerintah,” tukasnya.

Baca Juga  Mahasiswa FATETA UTS Grand Finalis Clean Technology Indonesia 2014

Ia berharap yang dilakukannya ini dapat menggugah hati dan membuka mata pemerintah untuk dapat mengatasi persoalan yang ada.

Sementara Lurah Bugis yang diwakili Kasi Sosmas, Euis Kurniasih mengakui jika gaung Pupinka di Kabupaten Sumbawa cukup terdengar. Melalui Pupinka, para pemuda sangat aktif dalam upaya membangun peradaban di lingkungannya serta merubah pola pikir masyarakat ke arah yang positif. Ia berharap yang dilakukan Pupinka dapat dijadikan percontohan.

Dalam kesempatan itu Euis menginformasikan bahwa ada bantuan buku dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Sumbawa. “Semoga bantuan ini bermanfaat dalam mendukung kiprah Pupinka di masa mendatang,” cetusnya.

Dela Rosa Anjelita selaku Ketua Panitia menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Arsip Perpustakaan Daerah yang telah memeberikan bantuan buku. Ucapan yang sama kepada Lurah Bugis dan jajarannya, mahasiswa UTS, UNSA, GenBi, Cofee Shop Tiang Besi, dan Rumah Zakat yang memberikaan support sehingga kegiatan Pupinka berjalan sukses dan lancar. (SR)

iklan bapenda