Unik dan Khidmat, PUPINKA Gelar Upacara HUT RI di Dalam Sungai

oleh -2 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (17/8/2020)

Pandemi Covid-19 tak menghalangi rakyat Indonesia untuk melaksanakan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2020. Banyak cara yang dilakukan termasuk secara virtual atau pun daring. Namun yang dilakukan para pemuda yang tergabung di Pustaka Pinggir Kali (PUPINKA) Kelurahan Bugis Sumbawa ini tampak berbeda. Mereka melaksanakan upacara dan pengibaran bendera merah putih di dalam sungai. Meski terlihat sederhana tapi berlangsung khidmat. Bahkan warga sekitar bantaran sungai ikut mengangkat tangan tanda hormat ketika sang merah putih dikibarkan diiringi Lagu Indonesia Raya. Para pemuda dan masyarakat setempat sangat antusias mengikuti upacara tersebut. Sebab kegiatan ini pertamakali digelar.

amdal

Pengurus PUPINKA, Julyadi yang ditemui usai kegiatan mengatakan, bahwa upacara HUT Kemerdekaan RI sengaja dilaksanakan. Selain untuk mengenang jasa para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan dengan mengorbankan jiwa dan raga, juga untuk mengampanyekan kebersihan dan kelestarian sungai khususnya di wilayah Kelurahan Bugis. Kampanye ini dilakukan karena masih banyak warga yang belum sadar, menjadikan sungai sebagai tempat membuang sampah. Karenanya melalui kegiatan ini dapat membangkitkan kesadaran dan memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya lingkungan sungai yang bersih dan terawat.

Tak hanya itu, pihaknya juga ingin menggugah pemerintah melalui leading sektor terkait agar memberikan perhatiannya terhadap keberadaan PUPINKA. PUPINKA yang merupakan perpustakaan dan pusat belajar masyarakat, berada di dekat bantaran sungai. Kondisinya cukup rawan karena tebing sungai sekitarnya tanpa talud ataupun bronjong. Jika tidak tertangani, dikhawatirkan akan mengancam kelangsungan PUPINKA ke depan.

Baca Juga  Operasi Petasan di Alas, Dua Pedagang Terjaring

Untuk diketahui, pada hari yang sama, dilaksanakan Launching Buku, karya salah satu penulis anggota PUPINKA yang tak ingin disebutkan identitasnya. Peluncuran buku ini dihadiri mahasiswa UNSA, GENBI dan pegiat literasi. Ada 3 buku yang diluncurkan yaitu berjudul Jahanam, Berlalu, dan Baperian Raphsody. Buku-buku ini membahas tentang kehidupan masa kini yang disusun dalam bentuk cerpen, puisi, dan prosa. Tak hanya itu, untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan ini, PUPINKA menggelar berbagai macam lomba dan permainan rakyat yang akan dibuka pada Selasa (18/8/2020) sore ini. (SR)

iklan bapenda