Kelola Obyek Wisata, Pramuwisata Muda di Sumbawa Dididik dan Dilatih

oleh -237 Dilihat

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (11/8/2020)

Kabupaten Sum bawa merupakan daerah dengan keindahan alam maupun bahari serta kearifan budaya lokal yang potensial. Sektor pariwisata akan mampu membuat Kabupaten Sumbawa memiliki investasi besar dalam mengangkat kesejahteraan masyarakat. Setidaknya ada 34 lokasi obyek wisata yang sudah tercatat saat ini. Dan ratusan potensi obyek wisata lain yang belum tercatat. “Inilah pentingnya peran pramuwisata yang sangat menentukan keberhasilan kepariwisataan di Kabupaten Sumbawa, tentunya dengan potensi yang dimiliki saat ini,” ungkap Bupati Sumbawa diwakili Asisten Administrasi Umum, Ir. H. Iskandar D., M.Ec., Dev., ketika membuka secara resmi kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pramuwisata Muda DPD HPI NTB Kabupaten Sumbawa. Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa dengan DPD HPI NTB, di Sumbawa Grand Hotel, Senin (10/8).

Bupati berharap melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas pengelolaan destinasi wisata daerah dan peran aktif masyarakat untuk berinovasi dan berkreasi dalam mengaktualisasikan diri melalui aktivitas-aktivitas kepariwisataan. Bupati juga berharap kegiatan ini mampu mendukung pemerintah Kabupaten Sumbawa bersama masyarakat untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam membangun dan mengembangkan seluruh potensi wisata dan kekayaan budaya yang

Baca Juga  Harlah ke-20 KSB Angkat Tema "Sumbawa Barat Juara"

dimiliki. “Disamping itu juga, agar kita dapat mengaktualisasikan kembali nilai positif yang terkandung dalam sapta pesona (aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah, dan kenangan) dalam masyarakat,” lanjut Bupati, sembari meminta kepada seluruh peserta agar dapat memanfaatkan kesempatan tersebut, dengan mengikuti pelatihan secara seksama, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam memanfaatkan potensi-potensi kepariwisataan yang ada di Kabupaten Sumbawa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Sumbawa, Rusmin Junaidi, S.Pt., M.Si melaporkan, kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan pariwisata khususnya di Kabupaten Sumbawa melalui peningkatan sebagai sektor penggerak dan pendukung percepatan pembangunan pariwisata. Bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa dengan DPD HPI yang akan dilaksanakan selama 5 hari, 10-14 Agustus 2020. Kegiatan diklat ini diikuti 30 orang peserta, terdiri dari para pelaku wisata, Tour Guide, dan perwakilan Pokdarwis. (SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *