Home / Ekonomi / Dukung Transformasi Digital, BRI dan Dinas Kominfotik Sumbawa Berkolaborasi

Dukung Transformasi Digital, BRI dan Dinas Kominfotik Sumbawa Berkolaborasi

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (8/8/2020)

Pandemi mengharuskan semua berpikir dan bertindak kreatif. Aktivitas masyarakat dan ekonomi harus tetap berjalan dan aman Covid-19. Untuk itu diperlukan sentuhan digital dalam beraktivitas, tranformasi menjadi kebutuhan untuk dilakukan percepatan dalam pengaplikasiannya. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Sumbawa Rachman Ansori ketika menerima kunjungan Relationship Manager Program, BRI Cabang Sumbawa, Yudisuhadi Saputra pada Jum’at (7/8/2020) di ruang kerjanya.

Yudi menyampaikan bahwa kunjungan ini adalah rangkaian dari Program BRI Cabang Sumbawa dalam mewujudkan dan mendukung Pemkab Sumbawa melalui program transaksi e-money seperti arahan Kementerian Keuangan RI. “Kami telah melakukan beberapa rangkaian pertemuan antara lain dengan Bapenda, Bappeda dan direncanakan akan diterima oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan,” kata Yudi.

Pertemuan ini ungkapnya, tindaklanjut dari pertemuan dengan Bapenda Kabupaten Sumbawa dalam penerapan digitalisasi pasar di masa pandemic Covid-19 bekerjasama dengan BRI Cabang Sumbawa Besar. Yudi menjelaskan bahwa BRI memiliki program terdepan mendorong pemerintahan “Kota Pintar” Smart City dengan pembayaran digital non tunai yang akan dimulai di Pasar Seketeng setelah kembali dioperasionalkan di 2021 mendatang. Kerjasama ini nantinya akan meliputi pembayaran parkir cashless dengan menggunakan BRIZZI, Kartu Debet dan Gadget, pembayaran retribusi sewa petak los secara digital melalui Aplikasi Brismarbilling. Demikian juga, BRI mendorong laju pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Sumbawa agar bertahan dan berkembang di tengah Pandemi dengan mensinergikan 3 ekosistem yaitu ekosistem Pasar, ekosistem Digital dan ekosistem Desa. Dalam mendukung Ekosistem Desa, BRI akan memberdayakanan ekonomi Digital melalui pengembangan cluster dan produk unggulan desa dan BUMDes. Sedangkan dalam mempercepat digitalisasi, BRI menyiapkan infrastruktur teknologi informasi yang berupa apliakasi, marketplace, Buka Rekening Jaman Now, Edukasi dan lainnya.

Rachman Ansori menyampaikan dukungan kepada program BRI ini, karena akan memudahkan bagi masyarakat untuk bertransaksi dengan pola Aman Covid-19. Dan juga program ini akan menjadi salah satu supporting point pada aspek Smart Governance dan Smart Economy dalam aktivitas masyarakat Kota Pintar. Selain keuntungan dengan kemudahan dalam bertransaksi, Ansori mengatakan penting untuk memperhatikan data masyarakat yang menjadi bagian dari program ini, khususnya pengamanan data kependudukan yang sekarang menjadi salah satu prioritas insan IT untuk memproteksi agar tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. “Kami siap mendukung dan mengelaborasikan dalam system dashboard terintegrasi yang tiap saat dapat dimonitor oleh Pimpinan Daerah dan OPD terkait, sehingga memudahkan bagi pimpinan dalam pengambilan kebijakan ekonomi yang cepat dan tepat,” tandas Ansori, seraya menambahkan bahwa Dinas Kominfotik Kabupaten Sumbawa akan menyiapkan instrument dan metode sosialisasi setelah ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara BRI dengan Bupati Sumbawa. (SR)

Lihat Juga

Dikbud NTB dan Kopertis XIV Dukung Penuh Kehadiran IAIS  

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (22/9/2020) Kehadiran Institut Agama Islam Sumbawa (IAIS) terus mendapat dukungan sejumlah pihak. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *