Disos dan TAGANA se-NTB Baksos Serentak di Taman Makam Pahlawan

oleh -3 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (7/8/2020)

Taruna Siaga Bencana (TAGANA) bersama Dinas Sosial se NTB menggelar Bhakti Sosial serentak, Jumat (7/8/2020). Untuk Kabupaten Sumbawa, TAGANA dan Disos menjadikan Taman Makam Pahlawan (TMP) Badas, Kecamatan Badas sebagai focus kegiatan. Hadir di antaranya Kadis Sosial Sumbawa, Ir A Yani, Kabid Rehabilitasi Sosial Sukardi Tayeb, Kabid Pemberdayaan dan Kesejahteraan Sosial (PKS), Ketua Tagana, Dedi Susanto S.Pd.I, Kasubag Program, Kasubag Keuangan dan staf dinas social beserta anggota Tagana.

Kabid PKS Dinas Sosial Sumbawa, Cendra Hastuty Nur, S.Sos., MA mengatakan, bhakti sosial ini rutin setiap tahun terutama menghadapi HUT Kemerdekaan RI. Dipilihnya TMP sebagai pusat lokasi, ungkap Tuty—sapaan akrabnya, karena di malam perayaan kemerdekaan, tempat tersebut menjadi lokasi renungan suci dan tabur bunga. “Untuk kegiatan renungan suci dan tabur bunga menjadi bagian dari tanggung jawab dinas social terutama dalam hal penyediaan tempat,” ujarnya.

Ia berharap agar lokasi ini tetap terjaga dan terawat, mengingat pahlawan yang di makamkan di TMP ini telah berjasa bagi bangsa dan negara. Ke depan TMP Badas akan dijadikan sebagai tempat study tentang sejarah pahlawan.

Sementara Kasi Kepahlawanan dan Penyuluhan sosial Disos Propinsi NTB, Drs Junaidi Usman mengatakan bahwa kegiatan bakti sosial ini serentak dilaksanakan oleh TAGANA bersama Dinas Sosial se-NTB. Di NTB, adalah 7 TMP termasuk Makam Pahlawan Nasional di Pancor yaitu makam Tuan Guru KH. Zainuddin Abdul Madjid. Ia mengakui bhakti social kali ini melibatkan TAGANA secara resmi. Ini juga menjadi usulan ke pemerintah agar TAGANA rutin berkolaborasi dengan Dinas Sosial setiap tahun terutama menjelang HUT RI. Mengenai kondisi rumah petugas jaga di TMP Badas yang sudah reot dan tidak representative, Junaidi mengaku sudah diusulkan untuk direhab dan berharap tahun depan sudah dilaksanakan. Dengan tetap terjaganya TMP ini, dapat menjadi pusat kegiatan terutama studi bagi pelajar dan mahasiswa.

Baca Juga  Sumbawa Butuh Pemimpin Cerdas Kurangi Pengangguran

Ketua TAGANA Kabupaten Sumbawa, Dedi Susanto S.Pd.I mengatakan, keterlibatan TAGANA dalam bhakti sosial di TMP Badas, bukan kali ini saja tapi sudah berlangsung lama sekaligus agenda rutin tahunan, bahkan sesekali dilakukan di momen lainnya terutama menyambut HUT TAGANA. Sebab disadari bahwa orang-orang yang dimakamkan di TMP ini adalah mereka yang telah berjasa dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan RI dengan mengorbankan harta dan jiwa.

Dikatakan Dedi–sapaan akrab pegiat sosial yang juga tokoh agama ini, bahwa Kolaborasi TAGANA dan Dinas Sosial tidak hanya sebatas TMP, melainkan hampir semua kegiatan lapangan yang menjadi tanggung jawab Dinas Sosial Sumbawa. Seperti penanganan bencana, gepeng, pendampingan kaum disabilitas, distribusi bantuan untuk korban bencana, Jaring Pengaman Sosial (JPS) dan bersama Disos memutus rantai penyebaran Covid dengan melaksanakan penyemprotan disinfektan di seluruh titik wilayah Kabupaten Sumbawa. “Kami selalu menjadi garda terdepan di setiap kegiatan Dinas Sosial,” pungkasnya. (SR)

 

iklan bapenda