Selamat !! UTS Naik 445 Peringkat di Rangking Webometrics Dunia

oleh -30 views
Rektor UTS, Chairul Hudaya, Ph.D

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (5/8/2020)

Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) memperbaiki rangkingnya di peringkatan Webometrics Dunia. Ini karena universitas di kaki Bukit Olat Maras, Sumbawa ini menjadi pengguna website sebagai sarana komunikasi dan penyebaran informasi terkait UTS secara menyeluruh bagi khalayak luas sejak 2014 lalu. Pada Maret 2020 berdasarkan Webometrics, UTS masih berada di rangking 628 skala nasional. Lalu melompat naik sebanyak 445 peringkat, bertengger di peringkat 183 skala nasional dan rangking 8143 skala dunia, per Juli 2020. Webometrics adalah salah satu perangkat atau sistem untuk mengukur atau memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh universitas atau perguruan tinggi terbaik dunia (World Class University) melalui website universitas tersebut. Peringkatan sudah dimulai sejak 2004 lalu, yang didasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan baik volume maupun isi web, visibilitas, dan dampak dari publikasi web sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima. Penilaian Webometrics terkait dua hal yaitu webometrics (website) dan bibliometrics (research). Dapat dikatakan bahwa peringkatan Webometrics ini merupakan peringkat universitas skala nasional dan dunia.

DPRD

Rektor UTS Chairul Hudaya, Ph. D  mengaku turut senang dengan pencapaian tersebut. Ia mengucapkan selamat kepada tim UTS yang memperhatikan website sebagai salah satu sarana informasi penting bagi masyarakat. “Terima kasih kepada tim yang senantiasa memperbaharui konten, isi, berita, informasi dan pemeliharaan website kampus,” ucapnya, seraya menargetkan ke depannya, UTS bisa masuk dalam TOP 100 Indonesia untuk peringkatan ini.

Baca Juga  Minta Hujan, Pemkab Sumbawa Gelar Sholat Istisqo

Pemeliharaan website termasuk di dalamnya pembaruan konten, informasi, berita, dan lain sebagainya menjadi salah satu fokus UTS. Agar informasi yang didapatkan masyarakat dapat berimbang dan menyeluruh.  Selain menggunakan sosial media seperti Instagram, Facebook dan Fanspage sebagai sarana informatif yang dekat dan murah dalam interaksi sosial universitas dengan masyarakat, melalui website UTS berharap penyebarluasan informasi terkait UTS dapat diakses oleh masyarakat dalam maupun luar negeri. Terlebih saat ini UTS tengah membuka Program Beasiswa untuk mahasiswa asing dari seluruh dunia. Ini merupakan perwujudan UTS Membumi dan Mendunia. (SR)

DPRD DPRD