Home / HukumKriminal / Kabur dari RSUD Sumbawa, Pasien Covid Meninggal di RSUD Dompu

Kabur dari RSUD Sumbawa, Pasien Covid Meninggal di RSUD Dompu

DOMPU, samawarea.com (4/8/2020)

Pasien positif covid berinisial HR (62) meninggal dunia. Warga Dusun Transad II, Desa Doromelo, Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu ini menghembuskan napas terakhir, Selasa (4/8) sekitar pukul 07.30 Wita. HR tercatat sebagai pasien PDP RSUD Dompu dan telah dilakukan uji swab di Laboratorium RSUD Dompu sehari sebelumnya dan dinyatakan positif Covid.

Dengan meninggalnya HR, membuat Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH SIK langsung berkoordinasi dengan Direktur RSUD Dompu, Kepala BPBD, Dinas Kesehatan, Satuan Tugas Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pendeta Diton guna prosesi pemakaman atau penguburan sesuai dengan protokol penanganan Covid-19. Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Kapolres Dompu memerintahkan Kabag Ops Polres untuk melakukan pengamanan terbuka dan tertutup di RSUD Dompu.

Selain itu Kasat intelkam Polres Dompu IPTU Makrus S.Sos bersama Kasat Binmas dan Kapolsek Dompu melakukan koordinasi dengan Lurah, Kepala Lingkungan dan Ketua RT 07 Dorotangga Dompu terkait rencana pemakaman di TPU Non Muslim atau Kuburan Cina Kelurahan Dorotangga. Warga pun menolak karena khawatir akan penyebaran Covid-19. Setelah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid, dan pihak lainnya, akhirnya penguburan HBR dilakukan di TPU Dusun Transad lll Desa Doromelo Manggalewa Dompu. Sebanyak 6 personil Polres Dompu dikerahkan untuk membawa, mengawal dan menguburkan pasien tersebut. Semua prosesi pemakaman yang dihadiri Kapolres Dompu ini berakhir pukul 15.20 Wita dalam keadaan aman dan tertib.

Kapolres Dompu melalui Paru Humas, AIPTU Hujaifah, menyebutkan berdasarkan keterangan keluarga,  HR bekerja sebagai sopir di Desa Kwangko Kecamatan Manggelewa. Almarhum sempat ke Kabupaten Sumbawa untuk mengunjungi anaknya dan menginap di rumah anaknya. Di rumah ini almarhum mengalami sakit. Oleh anaknya dibawa ke RSUD Sumbawa. Saat dirawat, pihak RSUD melakukan Rapidtest dengan hasil reaktif. Untuk tindaklanjutnya akan dilakukan ujiswab. Namun ketika hendak diujiswab, pasien ini kabur dari RSUD Sumbawa pulang ke Dompu yaitu di Dusun Transad II, Desa Doromelo, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu. Di Dompu, HR mengeluh sesak napas, lalu dibawa keluarganya ke RSUD Dompu pada Hari Senin tanggal 3 Agustus 2020 pukul 07.00 Wita. Karena sesak napas, pihak RSUD Dompu langsung melakukan uji swab dengan hasil positif covid-19. Selanjutnya pasien ini dipindahkan ke ruang isolasi. Sehari dirawat. Pasien  tersebut dinyatakan meninggal dunia. (SR)

 

Lihat Juga

Cegah Klaster Baru Obyek Wisata, Polres Sumbawa Gencar Patroli Pantai

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (21/9/2020) Polres Sumbawa sangat gencar menerjunkan personil untuk berpatroli memantau beberapa lokasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *