Home / HukumKriminal / Minimalisir Angka Kriminal, Seluruh Polsek di Dompu Gelar Patroli Serentak

Minimalisir Angka Kriminal, Seluruh Polsek di Dompu Gelar Patroli Serentak

DOMPU, samawarea.com (28/7/2020)

Angka kriminalitas di wilayah hukum Polres Dompu relative tinggi. Untuk meminimalisirnya, seluruh jajaran Polsek serentak melaksanakan patroli cipta kondisi di sejumlah lokasi rawan terjadinya gangguan Kamtibmas, belum lama ini.

Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SIK melalui PS Paur Subbag Humas Aiptu Hujaifah, mengatakan, patroli cipta kondisi adalah kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) agar terciptanya rasa aman dan kondusif di wilayah Polsek masing-masing. “Dalam patroli ini, sasarannya adalah Curat, Curas dan Curanmor (3C), penyalahgunaan narkoba serta minuman keras,” sebutnya.

Sembari melakukan patroli, anggota di masing-masing wilayah juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan diri, keluarga dan lingkungan atau menjaga budaya hidup bersih dan sehat. Warga yang sedang nongkrong juga diimbau agar tetap menjaga kondusifitas dan tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum sehingga dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Adapun personel yang melaksanakan kegiatan di Polsek Kilo adalah KA SPK III Bripka Alfonso B didampingi Aipda A.A Saniarta dan Bripka Sahrul Ain. Sementara di wilayah Polsek Manggelewa, patroli cipta kondisi dilakukan dengan menjalin silaturahmi dengan tokoh masyarakat serta warga setempat. Hal ini dilakukan untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, sehingga tercipta rasa nyaman.

Di wilayah hukum Polsek Hu’u, cipta kondisi dilakukan dengan cara mengimbau warga untuk menjaga keamanan, hidup bersih dan sehat, dan mengajak warga untuk mendukung kampung sehat. Sementara di Polsek Pajo, anggota patroli juga mengimbau warga untuk menjaga kebersihan, keamanan serta mendukung suksesnya Pilkada 2020 pada Desember mendatang. Demikian juga dilakukan di wilayah Hukum Polsek Dompu, Polsek Kempo, dan Polsek Pekat dalam menjaga keamanan dan kondusifitas serta mencegah penyebaran covid-19.

Sejumlah lokasi rawan dan tempat anak nongkrong disasar anggota untuk mengimbau tentang tiga poin penting yakni menjaga kesehatan, keamanan dan mendukung Pilkada serentak. Anggota juga mengimbau warga sejumlah desa untuk mengaktifkan kembali pos kamling atau ronda malam guna mencegah terjadinya aksi pencurian dan tindak pidana lainnya. Dengan giat Cipkon yang dilakukan jajaran Polsek, masyarakat merasa aman, dan mendapatkan edukasi dari aparat kepolisian secara rutin. (SR)

 

Lihat Juga

Merasa Dicemarkan dan Dilecehkan, Wartawan Polisikan Kades Penyaring

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (3/8/2020) Hermansyah Idris, wartawan Harian Nasional News, terpaksa menempuh langkah hukum dengan mempolisikan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *