Home / HukumKriminal / Lapas Sumbawa Kian Terbuka, PWI Berikan Apresiasi

Lapas Sumbawa Kian Terbuka, PWI Berikan Apresiasi

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (15/7/2020)

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Sumbawa, kini kian membuka diri. Salah satunya menjalin kerjasama dengan media massa dalam upaya mempublikasikan semua kegiatan yang dilakukan jajaran Lapas terhadap semua warga binaannya. Mengawali kerjasama ini, Lapas Sumbawa menggelar Media Gathering mengundang wartawan media cetak dan online yang tergabung dalam PWI dan IJTI Sumbawa, Rabu, 15 Juli 2020.

Kalapas Sumbawa, M. Fadli S.Sos., MM didampingi Kasubag TU, Hamdia dan KPLP M. Syaripuddin Hazri menyampaikan terima kasih kepada insan pers yang merespon positif kegiatan tersebut dalam rangka mempererat silaturrahim. Selama ini diakui Fadli–akrab Kalapas asli putra Sumbawa ini disapa, Lapas terkesan tertutup. Pihaknya ingin merubah imej ini dengan membuka diri sejalan dengan kemajuan zaman serta perkembangan informasi dan teknologi yang semakin pesat. Media Gathering semacam ini kata Fadli, menjadi salah satu Resolusi Kemasyarakatan Kemenkumham Tahun 2020 guna membangun komunikasi dengan insan pers. Resolusi ini juga adalah bentuk kesadaran pemasyarakatan terhadap perubahan tantangan ke depan yang dipengaruhi oleh arus globalisasi dan pola komunikasi sebagai sebuah kebijakan responsif maupun komitmen untuk melakukan penataan dalam rangka meningkatkan kinerja layanan publik. “Sebagaimana kita ketahui, sering kita mendengar berita yang beredar cenderung tidak bersahabat dengan Lapas. Mungkin disebabkan kurangnya komunikasi dengan media. Kami berharap dengan kegiatan ini menjadi jembatan untuk mencairkan dan mengatasi semua ini. Kami ucapkan terima kasih, karena kehadiran insan pers bagian dari mewujudkan resolusi ini. Karena dengan resolusi tersebut kami dituntut untuk bekerjasama dengan media massa. Sebab banyak kegiatan positif yang kita lakukan terutama terhadap warga binaan, belum sepenuhnya terekspose,” ungkap Kalapas berdarah Berare dan Dompu ini.

Kesuksesan Lapas Sumbawa, lanjut Fadli, ditentukan oleh tiga unsur yakni jajaran, warga binaan, dan masyarakat yang di dalamnya wartawan. Wartawan diharapkan memberikan dukungan terutama melakukan pengawasan maupun kritikan untuk peningkatan kinerja ke depan.

Sementara Ketua PWI Sumbawa, Jamhur Husain B.Sc memberikan apresiasi kepada Kalapas dan jajarannya terkait dengan digelarnya kegiatan ini. Media Gathering seperti ini adalah pertamakali dilaksanakan Lapas Sumbawa. Ini langkah maju bagi jajaran setempat dalam rangka menuju era keterbukaan. “Sekarang Lapas Sumbawa beda dengan yang dulu, karena lebih terbuka. Kami hanya berharap ini bukan yang pertama sekaligus terakhir kalinya. Kami ingin hubungan wartawan dengan Lapas Sumbawa terus berlanjut,” pungkasnya. (JEN/SR)

Lihat Juga

Gubernur Jadi Khatib Jumat di Masjid Nurul Huda Pulau Moyo

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (7/8/2020) Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah menjadi khatib shalat Jum’at di Masjid ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *