Home / Ekonomi / Banjir Bandang Terjang Luwu Utara, 38 Jiwa Hilang

Banjir Bandang Terjang Luwu Utara, 38 Jiwa Hilang

SULAWESI SELATAN, samawarea.com (14/7/2020)

Hujan deras membuat sungai Masamba meluap Senin (13/7) malam. Air bah tidak dapat dielak, hingga banjir bandang menerjang seluruh kota Kecamatan Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Jembatan Balebo, Bandar Udara Andi Jemma, Pasar Lama, dan Masjid Syuhada Masamba menjadi fasilitas publik pun yang turut terendam. Hingga Senin malam, banjir dikabarkan menelan lima korban jiwa.

Kepala Program Aksi Cepat Tanggap Sulawesi Selatan Andy Syurganda Haruna melaporkan, banjir juga disertai lumpur serta material kayu. “Hampir seluruh wilayah di Masamba tertutup lumpur tebal setinggi satu setengah meter. Tangis histeris warga yang minta pertolongan, kelaparan dan kedinginan membuat suasana semakin mencekam,” kata Syurganda

Di daerah Patambua, salah satu titik terdampak cukup parah, dilaporkan sedikitnya 38 orang hilang, sementara sekitar 200 Kepala Keluarga (KK) di Desa Meli mengungsi ke dataran yang lebih tinggi. “Di antara warga yang hilang itu ada anak kecil berumur 8 tahun yang sampai sekarang belum diketahui keberadaannya,” ungkap Syurganda.

Menurut data tim Emergency Response, Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang berada dilapangan, kebutuhan mendesak warga saat ini berupa: makanan siap saji, air bersih, perlengkapan sanitasi, selimut, sarung, pakaian, obat-obatan dan lain-lain. “Kini aktivitas warga di Masamba pun sementara waktu berhenti. Ruko-ruko tutup. Kehidupan di kota pun sepi. Warga membutuhkan bantuan darurat pangan, sandang, vitamin dan obat, serta alat kebersihan. Mari kita bersama bantu para warga terdampak,” ajak Syurganda.

Hingga saat ini, ACT telah mendirikan posko kemanusiaan sebagai pusat informasi dan penyaluran bantuan untuk warga terdampak. Untuk Posko Induk berlokasi di Jl. Sultan Alauddin Plaza Ruko BB No.11 Kota Makassar, Sementara Posko Daerah berlokasi di Jl. Garuda No. 7C (Perumnas), Kec. Bara, Kel. Rampoang, Kab. Luwu Timur Sementara itu Kepala Cabang ACT DIY, Bagus Suryanto mengungkapkan Aksi Cepat Tanggap akan terus bergerak untuk membantu dan menyalurkan bantuan untuk masyarakat Luwu Utara yang terdampak banjir bandang. Bagi masyarakat yang tergerak untuk menyalurkan bantuan dapat melalui: BNI Syariah 341 854 750 atas nama Aksi Cepat Tanggap Careline ACT 0851 0313 4440. (SR)

Lihat Juga

Dukung Transformasi Digital, BRI dan Dinas Kominfotik Sumbawa Berkolaborasi

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (8/8/2020) Pandemi mengharuskan semua berpikir dan bertindak kreatif. Aktivitas masyarakat dan ekonomi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *