Home / HukumKriminal / Mendadak, Kasat dan Anggota Satres Narkoba Polres Dompu Ditest Urine

Mendadak, Kasat dan Anggota Satres Narkoba Polres Dompu Ditest Urine

DOMPU, samawarea.com (6/7/2020)

Usai apel pagi, Kapolres Dompu secara mendadak memerintahkan bagian Urkes (Urusan Kesehatan) dan Propam (Profesi dan Pengamanan) untuk melakukan tes urine bagi anggota Satuan Reserse dan Narkoba setempat, Senin (6/7) sekitar pukul 08.00 Wita. Tentu saja membuat anggota terkejut, sebab tidak ada pemberitahuan sebelumnya. Malam sebelumnya, Kapolres melalui WA Group hanya mengeluarkan perintah kepada Kabag, Kasat, Kasi, dan Kasubag agar menyampaikan kepada anggotanya tanpa terkecuali untuk mengikuti apel pagi esok harinya.

Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH., SIK saat memimpin apel pagi menyampaikan banyak hal. Salah satunya menuntut netralitas Polri pada Pilkada mendatang. “Saya tegaskan kepada seluruh anggota untuk tidak terlibat dalam politik praktis, kita harus tetap menunjukkan profesionalisme sebagai anggota Polri meski dalam keluarga kita ada anak dan isteri kita yang memiliki hak pilih, namun tidak perlu kita tau dan kita intervensi, agar sikap kita dalam bertugas tidak tendensius atau ada kecenderungan pada salah satu pihak,” kata Kapolres mengingatkan.

Jika ditemukan anggota yang tidak netral, Kapolres menyatakan akan memberikan tindakan tegas sebagaimana aturan disiplin Polri yang berlaku. Di akhir pidatonya, Kapolres memerintahkan untuk pleton Sat Resnarkoba usai apel tetap di tempat karena akan dilakukan tes urine. “Hari ini kita akan lakukan test urine bagi anggota Satuan Resnarkoba, ini berlaku bagi seluruh anggota Polres Dompu dan akan tetap dilaksanakan di kesempatan berikutnya. Tentang waktu dan satuan fungsi mana yang akan dilakukan test urine sistemnya akan saya random (acak) tanpa pemberitahuan sebelumnya dan untuk pelaksanaan test urine ini Polres Dompu berkoordinasi dengan pihak RSUD Dompu untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” tegas Kapolres.

Ketika hasil tes urinenya negatif, ujar Kapolres, anggota itu akan dipertahankan di Sat Resnarkoba. Namun jika positif maka akan ditindak tegas sesuai dengan hukum disiplin anggota Polri. Lebih lanjut Kapolres menyampaikan komitmennya untuk tetap konsisten menegakkan disiplin bagi anggota. “Jangan hanya masyarakat yang kita tangkap dan kita tertibkan, kita juga wajib memberikan contoh kepada masyarakat bahwa kepolisian harus bersih dari keterlibatan dalam hal penyalahgunaan narkoba. Sebelum kita menyapu di luar, ada baiknya kita harus bersihkan dulu internal kesatuan kita,” pungkasnya.

Pantauan lapangan, test urine berjalan ketat, karena diawasi langsung oleh Kapolres, Wakapolres Kompol I Nyoman Adi Kurniawan SH, Kabag Ops Kompol Nusra Nugrahan SH, dan Kabag Sumda Kompol Ibrahim. Satu persatu anggota dikawal anggota Propam menuju ke kamar mandi untuk diambil urinenya. Pengawalan ini untuk menghindari adanya tindakan yang menyiasati test urine. Tes urine diawali dari Kasat Narkoba IPTU Tamrin S.Sos dilanjutkan dengan seluruh anggotanya. (SR)

Lihat Juga

Setelah di Labuhan Sumbawa, Polisi Grebeg Judi Sabung Ayam di Desa Moyo

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (6/8/2020) Belakangan ini aktivitas perjudian sabung ayam cukup marak. Setelah membubarkan arena ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *