Home / Ekonomi / Bidik Potensi Pertanian dan Perikanan, Moeldoko Datang ke Sumbawa

Bidik Potensi Pertanian dan Perikanan, Moeldoko Datang ke Sumbawa

SUMBAWA BESAR, samawarea.com (5/7/2020)

Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko S.IP mengunjungi Kabupaten Sumbawa, Minggu (5/7/2020). Kedatangan orang kepercayaan Presiden Jokowi ini untuk melihat secara langsung potensi pertanian dan perikanan terutama budidaya Lobster di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Saat tiba di Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin, Minggu (5/7) sore, Moeldoko disambut Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah SE., M.Sc. Sempat beristirahat di Seaside Cottage, Ai Loang, mantan Panglima TNI beranjak ke Kecamatan Lunyuk tepatnya Pantai Liang Bage Desa Emang Lestari. Didampingi Gubernur, Moeldoko ke Lunyuk sekitar pukul 03.00, Senin (6/7) dinihari. Di tempat wilayah paling selatan Sumbawa ini, Moeldoko dijadwalkan melihat budidaya benih lobster dengan sistem keramba, termasuk proses penangkapan benih lobster oleh para nelayan setempat. Selain itu Moeldoko melihat potensi jagung mengingat selama ini Lunyuk dikenal sebagai daerah lumbung jagung yang hasil produktivitasnya telah tembus pasar dunia. Potensi padi dan peternakan tak luput dari pantauan orang nomor satu di jajaran Kantor Kepresiden ini. Pagi ini juga, Moeldoko yang juga Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) tersebut dijadwalkan bertatap muka dengan nelayan dan petani di Lunyuk. Setelah mencicipi kuliner khas hidangan UMKM Lunyuk yaitu nasi bakar kelor/jamur, Moeldoko meninggalkan Lunyuk sekitar pukul 10.30 Wita. Dan sebelum bertolak ke Jakarta, Moeldoko berkesempatan ke Teluk Ijuk lalu ke Peternakan Ayam di Olat Maras, Kecamatan Moyo Hulu.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah SE., M.Sc yang dikonfirmasi samawarea.com, mengatakan, kedatangan Kepala Staf Kepresiden, Moeldoko ini bukan hanya melihat potensi perikanan terutama lobster, tapi juga potensi pertanian dan peternakan. Selama ini untuk sektor pertanian, Presiden Jokowi memberikan perhatiannya terhadap Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat dan lainnya karena memiliki lahan yang luas untuk produktivitas pertanian. Gubernur mengaku sudah menyampaikannya kepada Presiden bahwa Sumbawa dan NTB secara umum memiliki potensi yang tidak kalah dengan Kalimantan. Bahkan tingkat kesuburan di NTB untuk produktivitasnya jauh lebih bagus daripada Kalimantan. Ini direspon dengan kehadiran Moeldoko. Karena itu dengan kunjungan Moeldoko ini semua potensi yang ada di NTB khususnya Kabupaten Sumbawa ini akan diperlihatkan. “Semoga dengan kehadiran Pak Moeldoko, Presiden memberikan perhatian lebih besar terhadap potensi yang kita miliki,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

Lihat Juga

Perda RDTR Perkotaan Sumbawa Diketok Paling Lambat September 2020

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS PUPR KABUPATEN SUMBAWA SUMBAWA BESAR, samawarea.com (8/8/2020) Ranperda Rencana Detail Tata ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *